Tips Mengatasi Depresi Pada Anak

No comment 896 views

Tips Mengatasi Depresi Pada Anak – Apakah anak Anda sering berperilaku negatif dengan lebih berani, agresif, dan cenderung sulit diatur? Jangan berikan label nakal, sulit diatur, dan beragam cap negatif terlebih dahulu. Bisa jadi, perubahan yang mendadak tersebut adalah simbol depresi dari anak dimana mereka tidak bisa memberi tahu kepada Anda tentang masalah mereka. Jika Anda melakukan hal yang salah dengan menerapkan pendekatan yang buruk, maka akan sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan pencerahan dan kemudian menghilangkan depresi tersebut. Di bawah ini ada tips mengatasi depresi pada anak yang wajib untuk Anda coba.

Mendengarkan anak

Jangan membuat komentar negatif terlebh dahulu dengan mengatakan anak Anda konyol, pembuat masaah, atau apapun itu. Namun, cobalah untuk meluangkan waktu dengan menanyakan secara perlahan apakah ia ada masalah atau tidak, kemudian mendengarkan curhatnya. Anda bisa meluangkan waktu ketika ia akan tidur, setelah makan malam, dan masih banyak lagi. Berikan ruang dimana hanya ada dia dan Anda serta tidak ada seorangpun yang boleh mendengar pembicaraan itu.

Memberikan aktivitas baru

Mungkin anak depresi dengan aktivitas hariannya yang hanya itu-itu saja. Mereka makan di jam yang sama, tidur di waktu yang sama, bersekolah setiap hari, membantu orang tua, dan mengerjakan PR tepat waktu. Anak tentu mengidamkan kebebasan dan sebuah jalan hidup baru jika kondisinya tetus seperti itu. buatlah semacam kegiatan baru misalnya berkebun di hari minggu, atau luangkan waktu pagi Anda bersama anak untuk berolahraga serta menghirup udara segar.

Memuji anak

Jika anak Anda berperilaku negatif, berikan pula sinyal negatif, namun jangan memarahi atau memberikan kata-kata kasar kepadanya. Sebaliknya, berikan anak Anda pujian apabila ia berhasil melakukan sesuatu atau mengerjakan suatu hal dengan baik.

Bersama-sama

Mungkin Anda tidak mempunyai waktu hanya untuk sekedar makan malam bersama, melakukan pekerjaan rumah bersama, dan kemudian menonton acara komedi untuk tertawa bersama. Peluk anak Anda, berikan ia kasih sayang, dan kemudian rubahlah secara perlahan menggunakan kata-kata lembut.

Semoga dengan tips mengatasi depresi pada anak di atas mampu membantu Anda sepenuhnya.

author