Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

No comment 814 views

Keputihan memang sangat wajar dialami oleh semua wanita yang tengah memasuki usia subur, terutama pada ibu yang tengah hamil muda. Pada ibu hamil khususnya di trimester awal keputihan hampir dapat dipastikan terjadi, pasalnya pada masa – masa ini terjadi perubahan hormone yang berpengaruh pada keadaan psikis dan emosinya.

Keputihan pada saat kehamilan muda sendiri dapat dikatakan normal jika cairan yang keluar dari daerah kewanitaan berwarna bening, encer dan tidak berbau. Namun jika keadaanya tidak demikian, misalnya cairan sedikit lengket dan mengeluarkan bau yang tidak sedap ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Pasalnya bisa jadi keputihan tersebut di akibatkan oleh infeksi bakteri atau virus.

keputihan

Nah jika Anda mengalami keputihan pada masa kehamilan awal, berikut beberapa tips mengatasi keputihan saat hamil muda yang dapat Anda lakukan:

  1. Selalu jaga kebersihan daerah kewanitaan Anda dengan memebersihkannya secara tuntas setiap kali buang air. Cara membersihkan yang benar yakni membasuhnya dari arah depan ke belakang. Usahakan pula untuk tidakmenggunakan sabun mandi.
  2. Pakailah celana dalam yang berbahan katun dan yang dapat menyerap keringat dengan baik. Tujuannya untuk menjaga daerah kewanitaan Anda tetap kering sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, maupun virus.
  3. Hindari mandi atau berendam air hangat. Pasalnya pada keputihan yang disebabkan oleh jamur, kondisi air hangat dapat memicu terjadinya pertumbuhan jamur yang sangat pesat.
author