Tips Mengatasi Mimisan pada Anak

No comment 608 views

Mimisan pada anak atau dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan epistaksis merupakan sebuah keadaan dimana terdapat pendarahan yang keluar dari hidung. Ini merupakan keadaan yang disebabkan oleh lepasnya aliran mukosa hidung. Seperti yang kita ketahui bahwa mukosa merupakan sebuah bagian yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Secara umum, mimisan pada anak merupakan sebuah hal yang tidak berbahaya selama anak masih mampu beraktivitas dengan sehat dan tidak mengalami gejala sakit seperti demam. Beberapa penyebab mimisan pada anak antara lain akan dijelaskan melalui poin berikut ini.

  • Pembuluh darah anak yang pecah. Pembuluh darah yang [each tersebut dinamakan dengan pleksus kieselbach. Ketika pembuluh darah mengalami infeksi, maka pembuluh tipis tersebut bisa melebar dan kemudian pecah apabila tersenggol sedikit saja.
  • Pembuluh darah tipis. Pembuluh darah anak yang masih tipis tentu saja sangat mudah pecah dan darah langsung mengucur keluar.
  • Infeksi pada hidung. Bila anak terkena infeksi misalnya infeksi sinus maka pembuluh darahnya akan langsung melebar serta darah akan keluar dari hidung.

Bagaimana pertolongan pertama yang bsia dilakukan pada anak yang mimisan? Beberapa hal berikut ini dikatakan mampu memberikan pertolongan pertama pada anak.

  • Dudukkan anak anda dengan sedikit membungkuk dan instruksikan ia agar bernafas menggunakan mulut. Jangan biarkan anak untuk tidur secara terlentang karena aliran darah yang ada di hidung akan bertambah deras dan darah tersebut bisa tertelan.
  • Tekan bagian depan hidung tepat pada cupingnya dan kompres menggunakan air dingin atau es pada tulang hidung.
  • Apabila anak masih mengalami pendarahan hidung dalam waktu lebih dari 5 menit, maka sudah saatnya untuk membawa anak ke rumah sakit.
  • Anda juga bisa menanganinya dengan daun sirih. Caranya adalah dengan menggulung selembar daun sirih kemudian memasukkan daun tersebut ke hidung anak. teknik tersebut memang mampu menyumbat dan menghentikan aliran darah dari hidung. Ini karena daun sirih merupakan daun yang mengandung styptic, sebuah zat yang mampu menahan pendarahan untuk mimisan pada anak.
author