Tips Mengatasi Sariawan pada Bayi secara Aman dan Alami

Sariawan atau stomatitis merupakan salah satu ganguan kesehatan mulut yang tentu sudah tidak asing bagi Anda. Masalah ini biasa ditandai dengan adanya luka cekungan berwarna putih atau juga dapat berupa bintil – bintil pada daerah bibir bagian dalam. Gejala ini umumnya disertai dengan rasa perih, terlebih ketika penderita mengkonsumsi makanan atau minuman yang pedas atau asam.

Sariawan bisa saja terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada bayi. Sariawan pada bayi dapat disebabkan oleh infeksi jamur candida yang dapat masuk ke mulut melalui mainan gigitnya atau bahkan melalui puting susu Anda.

Rasa sakit yang dialami si kecil akibat sariawan biasanya akan menyebabkan ia susah makan, bahkan seringkali ia juga menolak minum ASI. Hmm.. Tentu hal seperti ini akan menjadi sebuah masalah tersendiri bagi Anda bukan? Untuk itu ketika mendapati si kecil sariawan segeralah mencari solusi tepat untuk mengatasinya.

Namun banyak ibu terkadang masih bingung bagaimana cara yang tepat mengatasi sariawan pada bayi. Nah oleh karena tips dan triks mengatasi sariawan si kecil berikut semoga dapat menjadi rujukan bagi Anda semua.

anak sariawan

Tips mengatasai sariawan bayi secara aman dan alami

# Cream sariawan

Anda dapat mengoleskan bahan alami yang berkasiat mengatasi sariawan bayi, misalnya minyak kelapa dan cuka sari apel. Kedua bahan alami ini memiliki kandungan yang mampu mematikan jamur candida yang dapat menyebabkan sariawan pada bayi. Caranya Anda dapat mengoleskannya secara perlahan pada daerah sariawan bayi. Anda juga dapat mengoleskannya pada puting susu ketika bayi hendak minum ASI.

# Memperhatikan konsumsi Ibu menyusui

Tidak dapat dipungkiri bahwa apa yang Anda konsumsi juga akan berpengaruh bagi bayi Anda. Untuk itu mengatur pola makan Anda secara baik secara tidak langsung dapat mengatasi sariawan bayi. Makanlah jenis makanan yang memiliki kandungan probiotik yang tinggi serta rendah gula. Jenis makanan ini akan mampu mencegah perkembangan jamur penyebab saraiawan bayi.

author