Tips Menidurkan Bayi dengan Posisi Tengkurap yang Aman

Bagaimana pendapat Anda tentang posisi tidur bayi tengkurap? Banyak ibu pasti menilai posisi ini tidak baik untuk kesehatan bayi. Ada juga yang berpendapat bahwa posisi tengkurap ketika tidur dapat meningkatkan sindrom  kematian mendadak pada bayi atau SIDS. Angapan tersebut tentunya tidak salah, karena posisi tengkurap ketika bayi tidur memang memiliki sisi negatif dan positif, salah satu sisi negatifnya adalah seperti yang telah disebutkan.

Namun selain sisi negatif, ibu juga harus memperhatikan sisi positifnya karena ternyata ada banyak manfaat tidur bayi dengan posisi tengkurap. Adapun beberapa manfaat dari posisi tidur seperti ini antara lain memperkuat otot leher, memperangsang kemampuan bayi untuk berguling dan mengangkat pantat, serta dapat membantu perkembangan motoriknya.

bayi tengkurap

Beberapa manfaat ini dapat dirasakan, ketika ibu memahami betul berbagai hal yang berkaitan dengan posisi tidur bayi ini. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini ulasan yang semoga dapat menjadi panduan ibu dalam menidurkan si kecil dalam posisi tengkurap.

  • Alas tidur bayi

Alas yang empuk sangat tidak direkomendasikan untuk menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap. Pilihlah alas yang keras atau padat seperti dilantai dengan alas selimut yang lembut dan hangat. Selain itu ibu juga dapat menidurkan sikecil diatas perutnya dalam kedaan tengkurap. Hal seperti ini dapat menurunkan resiko sindrom kematian mendadak pada bayi.

  • Lama tidur bayi

Terlalu lama membiarkan bayi tidur dalam posisi tengkurap memang sangat berbahaya dan tidak dianjurkan. Waktu maksimal bayi tidur dengan posisi ini adalah sekitar 30 menit perhari, akan lebih baik jika 30 menit ini dibagi 2 kali misalnya siang 15 menit dan malam 15 menit.

Itu tadi dua hal penting yang harus benar – benar diperhatikan oleh seorang ibu dalam menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap, yang terpenting usahakan untuk selalu mengawasi dan jangan tinggalkan bayi Anda yang tengan tidur dengan posisi ini.

author