Tips Meningkatkan Hubungan

No comment 412 views

Tips Meningkatkan Hubungan

1.    Dahulukan teman
Hubungan persahabatan sungguh penting bagi hidup kita. Kerja, kenalan, dan solidaritas harus menjadi nomor dua, dengan menomorsatukan teman-teman yang sangat berarti bagi hidup kita.

2.    Beri kebebasan
Memberi ruang kebebasan bagi orang lain merupakan hal penting. Adalah sehat bila kita dan teman-teman mempunyai minat dan persahabatan yang unik. Keunikan tersebut memperkaya ikatan persahabatan kita dengan mereka.

3.    Saling percaya
Kecurigaan bisa terjadi dalam suatu hubungan. Cobalah bersikap terbuka, jujur, dan saling percaya. Diskusikan perbedaan pandangan dan kepentingan yang ada.

5.    Saling menghargai hasil karya
Jika gaji kita dua kali lipat dari gaji teman atau pasangan hidup, jangan biarkan perbedaan tersebut membuat kita merasa berada di atas teman-teman. Kita semua mempunyai kemampuan dan tujuan yang berbeda-beda dalam hidup. Hargailah kepribadian orang lain.

6.    Memaafkan dan terus melangkah
Kita semua pasti pernah melakukan kekeliruan. Jangan biarkan kekeliruan atau kekilafan menghancurkan hubungan yang luhur dengan orang lain.

7.    Selalu menyesuaikan diri
Kita semua terus berubah dari waktu ke waktu. Mungkin kita perlu mengembangkan pemikiran-pemikiran dan aktivitas-aktivitas baru serta meninggalkan pemikiran dan aktivitas lain. Jangan terpaku pada hal-hal yang biasanya dilakukan bersama-sama jika kita sungguh-sungguh mau berkembang.

8.    Selesaikan tugas-tugas kita
Usahakan untuk selalu menyelesaikan setiap tugas yang dipercayakan kepada kita. Jangan sampai orang lain yang harus membereskan sampah-sampah kita setiap saat.

9.    Akui kesalahan
Rasa bersalah karena suatu kekeliruan bisa memutus ikatan hubungan kita dengan orang lain. Karena itu, berusahalah mengakui kesalahan dan meminta maaf. Coba belajar dari kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.

10.    Ingat hari-hari istimewa
Bila kita sering lupa akan hari istimewa teman-teman, coba tulis-menulis dan menempelnya di tempat-tempat tertentu agar kita mudah mengingatnya.

11.    Tunjukkan kepedulian
Mudah sekali kita memperlakukan teman semena-semena, terutama bila kita telah bersahabat selama bertahun-tahun. Pasangan dan teman lama bisa merasa bersalah karena sama-sama lupa menunjukkan kepedulian satu sama lain. Sebaiknya, terus belajar untuk selalu saling memberi perhatian.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author