Tips Menjaga Kebersihan Bahan dan Peralatan Masak

Berbicara mengenai kesehatan makanan tentu tidak bisa lepas dari kehigenisan bahan dan alat untuk membuat makanan itu sendiri. Yap, kedua hal ini memang sangat penting dan memegang andil besar bagi anda dalam menyediakan menu makanan sehat untuk keluarga. Untuk itu masalah kebersihan bahan makanan dan alat memasak harus betul – betul anda perhatikan.

Lantas bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips menjaga kebersihan bahan makanan dan alat masak bagi anda yang membutuhkan.

alat dan bahan masak

Tips menjaga kesehatan bahan dan peralatan masak

  • Cuci bersih bahan makanan seperti buah dan sayur sebelum disimpan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat – zat berbahaya yang masih menempel pada permukaannnya seperti bahan kimia dan pestisida. Selain itu mencuci bersih buah dan sayur juga akan membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang dapat menjadi bibit penyakit. Untuk mencucinya cukup dilakukan dengan air bersih yang mengalir.
  • Selalu jaga kebersihan peralatan masak dengan mencucinya setiap habis digunakan. Mencuci peralatan dapur setelah digunakan adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun khusus alat – alat dapur untuk kebersihan yang maksimal. Namun untuk peralatan yang baru saja digunakan untuk mengolah makanan berlemak dan berminyak seperti daging dan ikan, ada baiknya anda menggunakan air panas. Tujuannya untuk memastikan semua bakteri mati dan tidak menempel pada peralatan anda.
  • Pisahkan peralatan untuk mengolah bahan mentah dan bahan matang. Umumnya ibu – ibu memilih menggunakan barang yang sama untuk semua kondisi, seperti pisau dan telenan. Namun hal seperti ini sangat riskan, karena dapat menyebarkan bakteri dan virus dari makanan mentah ke makanan matang.
author