Tips Menjaga Keharmonisan Keluarga

No comment 582 views

Keharmonisan adalah suasana yang selalu didambakan setiap orang. Namun disaat ketika anda disibukkan mengejar karir pasti anda harus meluangkan waktu banyak untuk menjaga reputasi karir anda. Tapi ingat tidak sedikit keharmonisan kluarga terenggut gara-gara sebuah karir, hal itu jangan sampai terjadi pada kehidupan anda.

Saat ini kita sering melihat kenyataan di sekeliling kita bahwa ada banyak sekali keluarga yang bermasalah.

Keluarga tersebut seringkali tidak memiliki hubungan yang harmonis antar sesama anggota keluarga. Jika anda ada di posisi mereka, tentunya anda akan merasa sangat tidak nyaman.
Oleh sebab itu, kita harus bisa belajar banyak dari keluarga-keluarga yang bermasalah tersebut. Mungkin ada baiknya juga kita belajar bagaimana cara memiliki keluarga yang harmonis lewat artikel keluarga. Berikut ada beberapa tips untuk menjaga keluarga agar tetap harmonis:

Komunikasi.

Komunikasi adalah hal yang paling mendasar yang dibutuhkan untuk menjaga agar sebuah keluarga tetap harmonis. Saat ini sebagian keluarga memiliki orang tua yang baik ayah dan itunya, kedua-duanya adalah orang yang bekerja. Waktu yang digunakan untuk bekerja tentu saja menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk bercengkerama dengan anak dan anggota keluarga yang lain.
Jika anda termasuk orang tua yang bekerja, maka anda harus memastikan bahwa komunikasi dengan anggota keluarga yang lain masih tetap terjalin dengan baik. Jangan biarkan komunikasi menjadi terputus sebab komunikasi yang tidak lancar akan membuat anggota keluarga menjadi asing satu sama lain.
Komunikasi di sini diharapkan terjadi secara langsung atau tatap muka. Hormati orang yang ada di depan anda dengantidak menyibukkan diri dengan alat komunikasi seperti telepon genggam.

Waktu Bersama.

Seringkali karena kesibukan, maka kita kehilangan waktu untuk berkumpul bersama anggota keluarga. Seharusnya anda tetap menyediakan waktu bagi keluarga anda walau pun anda sangat sibuk. Sempatkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga. Usahakan pada waktu itu anda tidak diganggu olah tugas-tugas yang berkaitan dengan pekerjaan anda.
Anda tidak perlu harus menunggu waktu liburan untuk berkumpul bersama dengan anggota keluarga. Menemani anak anda belajar atau makan malam bersama yang akrab sudah sepantasnya dilakukan. Anda tidak boleh membiarkan anak-anak anda merasa jauh dari anda karena kesibukan anda. Ketika kita sudah berkeluarga, maka keluarga, terutama anak-anak kita menjadi prioritas kebutuhan kita.

Proyek Keluarga.

Ada baiknya juga kita kadang-kadang membuat suatu proyek yang bisa dilakukan bersama-sama selurung anggota keluarga. Berkebun atau membuat proyek kerajinan bersama adalah salah satu contohnya. Keluarga anda bisa bersama-sama membuat rumah pohon atau kolam ikan, atau mambuat kebun kecil di rumah anda. Anda bisa pilih proyek bersama yang sesuia minat anak-anak anda.
Dengan membuat suatu proyek yang diikuti anggota keluarga, maka baik anak maupun orang tua bisa melihan hasil yang nyata dari kebersamaan mereka. Mungkin anda tidak akan merasakan manfaatnya saat ini, namun kemungkinan memori atau kenangan akan waktu yang dihabiskan bersama untuk menyelesaikan proyek ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat berkesan bagi putra-putri anda ketika dewasa kelak.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan untuk menjaga keharmonisan keluarga anda.

author