Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga

No comment 583 views

Anda tentu sudah paham bukan, bahwa ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat vital? Ya ginjal memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol dan mengatur kadar keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah, serta yang terpenting adalah sebagai organ penyaring racun dan kotoran dalam tubuh yang kemudian akan dikeluarkan bersama urin.

Oleh sebab kesehatan ginjal harus selalu dijaga agar dapat terus bekerja dan berfungsi secara optimal. Nah menjaga kesehatan ginjal sebenarnya dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu membiasaakan diri perpola hidup sehat setiap hari.

air

3 tips menjaga kesehatan ginjal keluarga

  • Atur pola makan sebaik mungkin

Menjaga pola dan asupan makan sehat merupakan salah satu kunci menjaga ginjal tetap sehat. Pilihlah menu makanan sehat yang berserat tinggi seperti nasi putih, sayuran, dan buah. Selain itu hindarilah menu makanan yang memiliki kadar lemak dan garam berlebih. Satu hal lagi yang sangat penting terkait pola makan, jangan pernah minum minuman beralkohol. Pasalnya minuman beralkohol dapat menyebabkan dampak buruk organ ginjal.

  • Rajin berolahraga

Berolah raga memang solusi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Dengan berolah raga secara rutin akan dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga darah yang masuk ke ginjal akan dalam keadaan stabil. Yang artinya akan membantu ginjal bekerja dan berfungsi secara maksimal.

  • Penuhi kebutuhan air putih

Banyak manfaat mengkonsumsi air putih bagi kesehatan. Salah satunya air putih akan membantu memudahkan proses pembersihan racun dan zat berbahaya dalam tubuh, sehingga dapat meringankan fungsi kerja ginjal. Dengan mencukupi kebutuhan air putih 6-8 gelas perhari, ginjal Anda akan teta sehat.

author