Tips Menjaga Kesehatan Gizi Anak Sekolah

No comment 524 views

Kesehatan gigi anak sekolah merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan dengan sangat baik. Banyak anak yang mempunyai disiplin buruk ketika mereka berada di sekolah dasar dan seketika itu juga gigi mereka menjadi sangat buruk pula. Untuk menjaga kesehatan gizi anak sekolah, sejatinya tidaklah sulit, karena anda hanya diharuskan untuk melakukan hal-hal kecil namun terus disiplin. Berikut tips yang bisa anda terapkan secara langsung.

Wajibkan menyikat gigi

Kegiatan menyikat gigi dua kali sehari merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan sejak balita. Disiplinkan anak anda untuk terus menyikat gigi secara teratur apalagi ketika mereka sudah beranjak menjadi anak sekolah. Dengan situasi tersebut, maka potensi anak untuk mendapatkan makanan-makanan perusak gigi akan semakin besar. Tentu saja, menyikat gigi menjadi hal wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Memberikan bekal kepada anak

Agar anak anda tidak suka jajan di sekolah, anda amat disarankan untuk memberikan bekal harian kepada anak. buatkan bekal dengan makanan-makanan bergizi kepada anak anda setiap pagi. Anda bisa membuat masakan yang sederhana seperti nasi, sayuran dan lauk berupa telur atau tempe. Pada tahap selanjutnya, buatlah anak cinta terhadap bekal makanannya dengan penyajian yang menarik. Cobalah buat makanan dengan bentuk-bentuk yang berbeda dan menggudah selera setiap harinya. Sebagai contoh, anda bisa mengkreasikan bentuk wortel menjadi bentuk bintang kepada anak anda.

Awasi jajan anak

Ketika anda bepergian bersama anak, maka jangan biarkan anak mengkonsumsi beragam makanan yang memicu kerusakan gigi. Berbagai jenis makanan seperti cokelat, permen, dan makanan ringan merupakan jenis makanan yang mempunyai kandungan peningkat gigi berlubang. Sangat disarankan bagi anda untuk mencegah anak ketika ingin mengkonsumsi beragam makanan tersebut.

Itulah beberapa hal dalam tips menjaga kesehatan gigi anak sekolah yang bisa anda terapkan. Beragam jenis tips di atas adalah tips yang simpel dan namun mempunyai manfaat besar apabila diterapkan secara disiplin.

author