Tips Menjauhkan Anak dari Kebiasaan Makan Junk Food

Junk food merupakan salah satu jenis makanan yang umumnya banyak digemari anak. Kemasannya yang menarik dengan beraneka rasa dan warna adalah daya tarik tersendiri untuk anak. Namun sayangnya jenis makanan ini dinilai tidak baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak karena mengandung berbagai zat yang dapat membahayakan anak. Misalnya saja bahan – bahan kimia seperti bahan pengawet, pewarna, dan juga perasa. Kesemua zat ini tentu tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan terus menerus.

junk food

Oleh sebab itu penting bagi ibu untuk dapat men-stop atau paling tidak mengurangi kebiasaan anak yang tidak baik ini. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips dan trick menjauhkan si kecil dari kebiasaan mengkonsumsi junk food:

Pertama mulailah dengan memberi contoh. Anak memiliki tingkat kebiasaan imitasi atau menirukan yang tinggi, untuk itu hal terpenting dalam mendidik atau melatih anak adalah dengan memberikan contoh real di depan anak. Contohkan kebiasaan makan sehat sedini mungkin pada anak, seperti makan sayur dan buah.

Kedua, simpanlah junk food pada tempat yang tidak terjangkau anak. Misalnya saja sembunyikan persediaan makanan jenis ini di tempat yang tinggi sehingga akan tak akan mengetahuinya.

Ketiga, selalu sediakan makanan sehat yang menarik bagi anak. Cobalah untuk selalu berinovasi dan berkreasi dengan menu makan harian anak. Gunakan bahan – bahan sehat kemudian sajikan makanan dalam bentuk atau rasa yang disukai anak. Dengan demikian anak akan lebih tertarik dengan masakan anda yang tentunya jauh lebih sehat dan bergizi daripada junk food.

author