Tips Menyesuaikan Diri dengan Gaya Menyusu Bayi

Bayi baru lahir seluruh kebutuhan nutrisinya dipenuhi lewat asupan ASI. Nah oleh sebab itu kegiatan menyusu bayi merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dicermati. Apa saja yang harus diperhatikan ketika menyusui bayi?

Salah satu hal yang cukup penting namun seringkali dianggap sepele oleh banyak ibu menyusui adalah gaya si kecil dalam menyusu. Yap setiap bayi memang memiliki “gayanya” masing – masing ketika meminum ASI. Berikut ini beberapa gaya menyusu bayi dan bagaimana Anda harus menyikapinya.

gaya menyusu

Tips menyesuaikan diri dengan cara menyusu bayi

# Gaya Si Rakus

Pada bayi dengan gaya pertama ini, ia nampak sangat lahap ketika meminum ASI bundanya. Ia akan menghisap dan meminum ASI dengan sangat cepat, bahkan hanya dalam beberapa menit saja si kecil dapat mengosongkan stok ASI pada kedua payudara sang bunda. Namun yang perlu digaris bawahai disini adalah ketika bayi menyusu dengan sangat cepat dan lahap potensi ia tersendak juga sangat besar. Untuk itu bunda dengan tipe bayi seperti ini harus ekstra hati – hati.

Tips: sesegera mungkin berikan ASI ketika ia nampak sudah mulai lapar, susui si kecil dalam posisi setengah berdiri sehingga ASI yang ia hisap dengan sangat cepat dapat langsung menuju perut. Selanjutnya biarkan si kecil menikmati gaya menyusunya, jangan mengajaknya bercanda ketika ia tengah asik menikmasi ASI. Pasalnya ajakan Anda bercanda bisa memecah konsentrasinya dan menyebabkan ia tersedak.

# Gaya Bayi Aktif

Pada jenis gaya yang kedua ini, bayi akan sangat heboh ketika menyusu. Ia akan sangat aktif bergerak, memainkan tangan dan kakinya selama kegiatan menyusu. Selain bergerak ia juga akan banyak mengoceh sekalipun ia sedang menghisap ASI.

Tips: pilihlah posisi yang sebisa mungkin memberikan batasan bagi bayi untuk banyak bergerak ketika menyusu.

# Gaya Penikmat

Untuk gaya ketiga ini, biasanya bayi cenderung akan lebih santai dalam menyusu. Ia nampak menikmati betul setiap tetep ASI dari sang bunda. Pada awal kegiatan menyusu ia akan seperti orang yang menyicipi ASI bundanya, menghisap sedikit kemudian berhenti sejenak untuk menghayati rasanya. Setelah itu ia akan meulai menghisap lagi dengan hisapan yang sesungguhnya.

Tips: pilihlah posisi yang paling nyaman ketika menyusui bayi bergaya ini, karena ia cenderung akan betah berlama – lama menyusu. Selanjutnya berikan berikan stimulus kepada si kecil dengan belaian lembut dan tatapan mata sayang ke arahnya. Hal – hal sederhana ini akan semakin membuatnya menikmati acara menyusunya.

author