Tips Merawat Bayi dalam Berbagai Kondisi

No comment 395 views

Seorang bayi merupakan sebuah karunia Tuhan Yang Maha Kuasa yang tak ternilai harganya. Kehadiran si kecil tentu akan membuat kebahagian sebuah keluarga semakin lengkap. Kelucuan dan kepolosan si kecil seringkali menjadi sebuah penawar rasa lelah dan jenuh pada kesibukan sehari – hari.

Merawat bayi yang masih kecil tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan mana kala seorang ibu mengatahui cara atau tips perawatan yang tepat. Untuk itu tips merawat bayi dalam berbagai kondisi berikut semoga dapat menjadi pedomoman para ibu, khususnya ibu muda yang baru pertama kali memiliki buah hati.

merawat

Tips dan trik merawat bayi

1. Merawat tali pusar basah atau terdapat cairan putih

Cara perawatannya bungkus tali pusar si kecil dengan kain kasa steril yang terlebih dulu dibasahi dengan alkohol 70%. Lakukan hal ini setiap kali selesai mandi.

2. Membersihkan mata si kecil

Cara merawatnya gunakan kapas steril yang telah dibasahi air matang untuk membersihkan mata si kecil, lakukan dari arah hidung ke arah telinga. Usahakan untuk menggunakan kapas yang berbeda setiap kali melakukan pembersihan.

3. Merawat mulut dan gigi sikecil

Caranya, bersihkan mulut sikecil terutama bagian geliginya dengan sikat khusus bayi atau kasa basah yang lembut. Lakukan perawatan ini setiap kali bayi selesai makan atau minum susu.

4. Mengatasi hidung tersumbat

Cara perawatan bayi pada kondisi ini adalah dengan mengoleskan minyak penghangat bada tubuh bayi. Selain itu jemur bayi dibawah sinar matahari pagi selama beberapa menit, hal ini berguna untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir. Setelah itu bersihkan lendir dengan sapu tangan lembut.

Demikian beberapa tips dan trik dasar perawatan bayi dalam berbagai kondisi untuk menjaga kesehatan sikecil. Semoga bermanfaat dan bayi Anda terus tumbuh dengan sehat dan normal.

 

 

author