Tips Merawat Gigi Anak

No comment 646 views

Melihat anak tumbuh kembang tentu hal yang sangat menarik. Bunda tentu bangga melihat perubahan-perubahan anak karena pertumbuhannya yang normal. Misalnya saja ketika gigi anak mulai tumbuh, tentu akan sangat menghebohkan.

Gigi merupakan organ tubuh manusia yang sangat berguna untuk pencernaan makanan. Selain sebagai alat pengunyah makanan, estetika gigi kini juga mulai diperhitungkan. Akan tetapi, mungkin saja hal ini tidak terlalu penting untuk anak.

gigi susu

Hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah bagaimana membuat gigi anak tetap sehat dan terawat? Hal ini penting karena gangguan pada gigi akan berpengaruh terhadap banyak hal, seperti anak menjadi susah makan, sakit gigi, dan lain-lain. Oleh karena itu, cara merawat gigi anak perlu disimak, sebagai berikut:

Minum dengan gelas

Meminum dengan dot akan akan menetes ke seluruh gigi dan dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan menggunakan sendok atau gelas yang dapat dilewatkan dengan cepat. Jangan juga membiasakan anak minum susu dengan dot sebelum tidur, karena produksi saliva menurun pada saat itu, sehingga tidak dapat melindungi gigi dari produksi asam.

Kurangi minum dan makan yang manis

Makanan dan minuman yang manis merupakan pavorit anak-anak. Oleh karena itu, Bunda perlu mensiasatinya dengan memberikan minuman jus buah misalnya, atau gula-gula alam yang strukturnya lebih sederhana, sehingga tidak merusak gigi.

Ajarkan rutinitas menggosok gigi

Tanamkan kebiasaan anak menggosok gigi dengan tips membuat anak tertarik untuk selalu menanamkan rutinitas gosok gigi

Rutin ke dokter gigi

Bawalah anak rutin sebulan sekali ke dokter gigi. Disana akan dilakukan pemeriksaan gigi anak yang lebih akurat, sehingga masalah-masalah dapat dideteksilebih dini.

 

author