Tips Mudah Melatih Bayi Mengunyah Makanan

No comment 589 views

Gigi susu bayi mulai tumbuh? Berarti kini saatnya Anda melatihnya untuk mengunyah makanan. Ya seiring dengan bertumbuhnya gigi susu si kecil kemampuan untuk mengunyah makanan juga harus mulai ia miliki.

Namun untuk dapat melakukan keterampilan mengunyah dengan baik seorang membutuhkan waktu berlatih dan pembiasaan. Nah disini lah peran Anda sebagai seorang ibu untuk dapat membantunya. Melatih bayi mengunyah makanan memang bukan perkara mudah, butuh cara – cara yang tepat agar keterampilannya dapat berkembang dengan baik.

Lantas bagaimana cara mengajarkan bayi mengunyah yang baik? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melakukannya.

krupuk

Tips mengajarkan bayi mengunyah

  • Berikan makanan secara bertahap berdasarkan teksturnya

Untuk tahap pertama berikan makanan yang memiliki tekstur lembut, setelah itupada tahap selanjutnya berikan jenis makanan dengan tekstur yang sedikit lebih kasar. Begitu seterusnya. Hal ini bertujuan untuk merangsang kemampuan bayi secara bertahap untuk dapat mengel dan mengunyah makanan. Semakin bayi mampu mengunyah makanan dengan tekstur kasar berarti kemampuannya juga semakin meningkat.

  • Berikan stimulasi secara bertahap sesuai dengan usia bayi

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan maka Anda sudah mulai bisa memberikan stimulasi untuk fungsi mulut dan giginya. Namun sebagaimana yang disebutkan diatas stimulasi yang Anda berikan harus selalu disesuaikan dengan kemampuan dan usianya. Secara bertahap berikan si kecil makanan dengan tekstur yang terus meningkat.

author