Tips Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

No comment 862 views

Apa yang Anda lakukan ketika si kecil sakit? Sebagian besar ibu mungkin menjawab segera membawanya ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat sehingga dapat segera sembuh. Langkah ini memang menjadi salah satu cara yang paling tepat yang dapat Anda lakukan, terlebih jika Anda tidak mengetahui secara pasti apa yang sedang mengganggu kesehatannya.

Ketika Anda membawa si kecil ke dokter, umumnya dokter akan memberikan bermacam jenis obat yang harus Anda berikan kepada si kecil dalam beberapa hari. Nah sayangnya banyak ibu mengeluhkan betapa susahnya membujuk anak untuk minum obat, padahal obat itulah yang dapat menjadi penawar penyakit si kecil. Jika ingin memaksanya tentu hal tersebut sangat berbahaya, karea bisa jadi si kecil justru muntas atau tersedak dan menyebabkan masalah lain. Oleh karena itu, tentu sangat penting bagi ibu mengetahui tips dan trik mengatasi akan yang susah minum obat.

susah minum obat

Minta dan pilihlah obat dengan rasa manis

Sebagai seorang ibu tentu Anda tahu, rasa manis merupakan rasa favorit anak, untuk itu usahakan untuk meminta dokter memberikan obat dengan rasa buah – buahan yang manis seperti stowbery atau jeruk.

Ciptakan suasana yang menyenagkan saat minum obat

Alihkan persepsi anak yang menganggap semua obat itu memiliki rasa pahit. Caranya cukup sederhana, ajaklah anak bercerita atau menonton video yang dapat membuat dirinya merasa bahagia. Perasaan bahagia inilah yang dapat mengalihkan fokus anak sehingga ia akan lebih mudah dibujuk untuk minum obat.

Campurkan obat dengan bahan makanan tertentu

Cara ini dimaksudkan agar anak tidak menyadari bahwa ia sedang minum obat. Campurkan obat – obatan yang harus ia minum ke dalam makanan atau minuman yang sangat ia sukai. Namun untuk melakukannya tentu Anda harus terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter tentang keamanan obat jika di campur dengan jenis makanan tertentu.

author