Tips Mudah Toilet Trining Bagi Si Kecil

No comment 748 views

Semakin bertambahnya usia seorang anak tentu akan membawa berbagai perubahan baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Perubahan ini menuntut pula perubahan secara perilaku, salah satunya adalah toilet trining. Perubahan kebiasaan dari popok ke toilet merupakan sesuatu yang perlu pembiasaan bagi seorang anak. Pembiasaan ini memang sedikit sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun bukan berarti Anda harus menyerah dan membiarkan si kecil terus dengan popoknya hingga beranjak dewasa.

Untuk melakukan pembiasaan kegiatan toilet atau toilet trining, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

Tips toilet trining untuk anak

toilet

Pastikan si kecil sudah benar – benar siap.

Untuk memulai melakukan toilet trining hendaknya anak telah memiliki kemampuan untuk mengontrol otot – otot pada bagian kantung kemihnya. Hal seperti ini biasanya terjadi pada usia sekitar 1 – 2 tahun.

Lakukan pembiasaan atau jadwal kegiatan kamar mandi

Pembiasaan ini dapat Anda lakukan dengan beberapa hal kecil, misalnya membawa si kecil ke kamar mandi setiap 1 – 2 jam sekali untuk buang air besar. Hal ini secara perlahan akan membiasakan ia untuk mengenali suhu dan kondisi tempat dimana ia diajarkan buang air besar. Dengan demikian ia akan mulai terbiasa untuk tidak buang air di sebarang tempat.

Berikan contoh dan pengalaman

Untuk tips yang ketiga ini cukup simpel. Caranya berikan contoh secara langsung dikamar mandi bagaimana cara menggunakan kloset yang benar. Selain itu memberinya pemahaman mengenai pentingnya buang air besar di kamar mandi juga dapat Anda lakukan untuk membuatnya tertarik.

author