Tips Pencegahan Obesitas pada Anak

No comment 755 views

Pencegahan obesitas pada anak harus dilakukan sejak dini. Karena banyak anak yang mengkonsumsi makanan tanpa pengawasan di masa kecil, dapat mudah terkena obesitas di masa yang akan datang. Untuk menerapkan pencegahan obesitas pada anak, Anda seharusnya tidak langsung memberikan perintah secara menyeluruh, namun usahakan secara bertahap dan benar-benar bekerja pada penerapannya. Bagaimana cara melakukan pencegahan obesitas pada anak? Berikut ini kami berikan tips singkatnya kepada Anda.

Jangan pernah lewatkan sarapan

Dengan melewatkan sarapan, maka nafsu makan anak di siang hari akan begitu besar dan biasanya mereka sulit dalam mengontrolnya. Jadi, cara yang paling baik adalah dengan memberikan sarapan bernutrisi pada anak setiap hari dan jangan membiarkan mereka untuk melewatkan sarapan. Dengan sarapan yang baik, energi anak akan terjaga hingga siang hari dan nafsu makan mereka tidak begitu besar ketika melihat jajanan yang ada di sekolah. Berikan sarapan berupa sereal gandum, dan libatkan juga buah serta sayuran.

Memberikan bekal kepada anak

Kita tentu tidak mengetahui apa yang anak konsumsi ketika mereka berada di sekolah. Bisa saja mereka mendapatkan makanan yang bergizi dan bisa saja tidak. kalau Anda ingin memberikan pengawasan makan kepada anak, tentu salah satu tekniknya adalah dengan memberikan bekal makanan. Berikan makanan yang bergizi setiap hari dengan teknik penyajian yang berbeda-beda agar anak tidak bosan.

Jangan mudah memberikan izin jajan

Salah satu penyebab anak mengalami obesitas adalah tindakan orang tua yang meluluskan keinginan mereka untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, dan beragam minuman ringan. Dengan terus melayani keinginan anak, tentu saja mereka menganggap bahwa makanan cepat saji adalah hal yang lumrah dan bisa ditoleransi. Akibatnya bisa ditebak, bahwa anak akan mendapatkan berat badan yang semakin meningkat setiap hari.

Makan bersama keluarga

Selain tindakansecara fisik, Anda juga harus menanamkan nilai moral kepada anak Anda. Seringlah makan malam di dalam satu meja agar anak Anda mengetahui bahwa Anda juga mencintai makanan sehat. Juga, luangkan waktu untuk terus memberikan pendidikan kepada anak mengenai bahaya obesitas sebagai bentuk pencegahan obesitas pada anak.

author