Tips Pola Makan Sehat Untuk Bayi

No comment 507 views

Pola makan sehat untuk bayi merupakan hal yang amat penting dan tidak boleh terlewatkan. Sejatinya, seorang bayi dengan usia yang mencapai 6 bulan membutuhkan tambahan nutrisi demi meningkatkan pertumbuhannya untuk tetap baik dari waktu ke waktu. Beberapa makanan pokok yang menjadi penunjang tentu saja buah, sayuran, dan beragam sumber protein serta lemak sehat. Di dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan tips pola makan sehat untuk bayi yang wajib dicoba.

Perkenalkan terlebih dahulu

Untuk mendapatkan pola makan sehat yang benar, maka bayi memerlukan perkenalan terlebih dahulu. Beragam makanan dengan tekstur yang lembut serta rasa yang nyaman di lidah haruslah menjadi Andalan. Anda bisa memilih bubur manis sebagai asupan karbohidrat kompleks kemudian tambahkan lauk dengan kadar protein tinggi. Beberapa diantaranya adalah ikan belut, daging ayam dan udang.

Sedangkan, untuk sayuran Anda bisa mencoba beberapa sayuran tinggi akan zat besi dan vitamin. Bayam, dan brokoli merupakan dua buah sayuran yang lengkap dan mampu menciptakan gizi yang baik bagi bayi Anda.

Buatlah sistem makan bersama

Anda disarankan untuk mencoba makan bersama juga dengan makanan sehat. Cara ini, dianggap ampuh untuk menciptakan sinergi antara bayi dan diri Anda sendiri sehingga si bayi akan mendapatkan nafsu makan yang cukup baik.

Varasikan makanan

Banyak bayi yang cenderung enggan mengkonsumsi makanan sehat karena mereka dihadapkan pada makanan yang hanya itu saja. Situasi ini, bisa Anda atasi dengan cara memberikan variasi menu makanan yang berbeda setiap harinya. Misalnya, Anda bisa memasak daging giling dengan bumbu manis, barbeque, jagung manis, dan masih banyak lagi.

Sertakan roti, namun jangan terlalu sering

Roti, sereal, dan produk makanan lainnya mungkin saja menjadi makanan favorit si bayi, namun berikan periode waktu konsumsi yang jarang. Fokuskan bayi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang alami seperti sayuran dan buah. Karena, bagaimanapun beragam produk makanan seperti sereal dan roti telah melibatkan proses produksi yang bisa membuat nilai gizinya berkurang.

Semoga tips pola makan sehat untuk bayi di atas dapat membantu anak Anda dalam mendapatkan kesehatan dan pertumbuhan yang berkualitas.

author