Tips Posisi Tidur Sehat untuk Ibu Hamil

No comment 412 views

Istirahat yang cukup merupakan suatu kebutuhan yang harus benar – benar dipenuhi oleh seorang ibu yang tengah mengandung. Pasalnya porsi dan kualitas istirahat akan sangat menentukan kesehatannya dan janin dalam kandungan. Oleh sebab itu memperhatikan dan menjaga kualitas tidur merupakan salah satu upaya terbaik.

Berbicara mengenai masalah tidur ibu hamil tentu tak akan lepas dari masalah bagaimana posisi yang tepat untuk si ibu. Pasalnya posisi tidur akan sangat menentukan kenyamanan seorang ibu yang secara langsung akan berpengaruh pada kualitas istirahatnya. Namun tahukah anda bagaimana posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil? Berikut ini akan kami bahas tips dan trikc memposisikan tidur bagi ibu hamil.

ibu tidur

Tips posisi tidur sehat ibu hamil

  1. Tidur dengan posisi kepala dan leher sedikit terangkat

Tips pertama ini tentu sangat disarankan bagi ibu hamil, manfaatnya adalah untuk menurunkan asam lambung sehingga akan mendukung kesehatan bayi dalam kandungan.

  1. Berikan sedikit ganjalan pada bagian antara lutut

Caranya cukup mudah anda tinggal meletakkan bantal pada bagian bahwa lutut atau kaki. Tujuannya adalah agar aliran darah pada kaki menjadi lancar sehingga anda dapat merasakan rileks dan dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu memberikan ganjalan pada kaki saat tidur dapat mengurangi pembengkakan kaki yang umum terjadi pada ibu hamil.

  1. Tidur dengan posisi miring

Banyak pakar kesehatan menyarankan seorang ibu yang tengah hamil untuk tidur dengan posisi miring kekiri. Alasannya adalah ketika anda tidur dengan posisi tersebut maka akan meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah ke arah rahim dan ginjal sehingga akan mensuplai oksigen dan sari – sari makanan untuk janin.

author