Tips Praktis Memerah ASI di Kantor

No comment 574 views

Memberikan ASI eksklusif bisa dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi oleh apapun termasuk dalam situasi bekerja. Seorang ibu menyusui tentu akan sangat sulit untuk memastikan kebutuhan ASI jika bekerja di luar rumah. Namun, bukan berarti aktifitas ini harus dihentikan dan si kecil tidak mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

Memerah ASI di kantor, kemungkinan rasanya sangat asing terdengar di telinga dikarenakan oleh beberapa sebab seperti rasa malu misalnya. Padahal, tidak sedikit peraturan kantor yang memperbolehkan seorang ibu melakukannya dengan memberikan ruangan kosong khusus untuk memerah ASI. Bahkan, di pemerintahan sendiri sudah ada tempat yang disediakan untuk menyimpan ASI yang sudah diletakkan di dalam botol.

memerah asi di kantorBerikut ini beberapa cara memerah ASI di kantor yang siapa pun dapat melakukannya tanpa harus menjadi seorang ahli sekalipun.

1. Menggunakan Ruangan Kosong

Tidak sedikit pihak kantor yang menyediakan ruangan khusus atau nursery room untuk melakukannya. Namun, jika tidak tersedia, manfaatkan ruangan yang kosong seperti pantry yang bersih dan dalam keadaan tertutup.

2. Menggunakan Media Khusus

Bagi para ibu, hendaknya menggunakan media khusus atau botol untuk menyimpan ASI yang direkomendasikan. Tutup rapat botol tersebut dan simpan di dalam lemari pendingin jika tersedia di kantor. Jika tidak, gunakan cooler box yang dapat dibeli secara bebas di pusat perbelanjaan.

3. Memastikan Waktu Saat Memerah ASI

Dengan memberi label pada botol seperti tanggal hingga waktu saat memerah ASI akan diketahui masa efeksitiftas dari ASI tersebut.

4. Gunakan Busana Yang Mudah Untuk Menyusui

Dalam hal ini, tidak hanya busana saja yang harus diperhatikan, namun para ibu juga harus menggunakan pakaian dalam khusus sehingga tidak menyulitkan nantinya saat melakukannya. Bila perlu, gunakan busana yang memiliki kancing di depan bagian atas seperti pada pinggang atau dada.

Saat ini, khususnya di ibukota, sudah tersedia layanan antar ASI yang dapat diantar langsung ke rumah. Untuk menggunakannya, pastikan layanan yang diberikan benar-benar terjamin, aman dan nyaman. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk tidak memerah ASI di kantor bukan?

author