Tips Praktis Menghindari Ruam Popok

No comment 448 views

Memakaikan popok pada bayi merupakan suatu cara agar pipis dan kotoran bayi tidak tercecer ke mana-mana. Cara ini praktis dan disukai oleh banyak Ibu. Namun sering kali bayi tidak nyaman bahkan sakit jika dipakaikan popok. Mungkin saja hal ini disebabkan karena Iritasi. Iritasi ini sering kali timbul di bagian tubuh bayi yang sering tertutup popok. Iritasi ini sering disebut ruam popok. Apakah anak Bunda pernah mengalami hal serupa? Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya ruam popok?

Untuk mengetahui cara menghindari sesuatu, tentu kita harus tau penyebab sesuatu itu terjadi. Untuk menghindari ruam popok pun kita harus mengetahui apa saja penyebabnya. Sebenarnya, banyak faktor yang menyebabkan ruam popok, antara lain faktor mekanik, kimia, dan jamur. Popok yang terlalu ketat menyebabkan kulita bayi teriritasi.

jenis pup bayi

Selain itu, popok yang tidak sering diganti juga merupakan pnyebab ruam popok ini. Pasalnya, urin akan menumpuk. PH urin yang basa akan menjadi tumbuh kembang jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, mengganti popok menjadi sangat penting, sehingga Bunda harus tau cara dan waktu mengganti popok yang tepat.

Kunci utama menjaga dalam menghindarkan bayi dari ruam popok ini adalah pemilihan bahan popok yang tepat, ukuran popok yang tepat, serta menjaga kebersihan popok bayi. Oleh karena itu, Bunda harus jeli memilih popok dan jangan malas untuk mengganti popok. Usahakan juga untuk selalu membersihkan alat kelamin serta pantat bayi dengan air hangat dan sabun yang 

author