Tips Sebelum Melahirkan yang Harus Dilakukan

No comment 483 views

Para calon ibu hendaknya harus mengetahui beberapa tips sebelum melahirkan yang harus dilakukan untuk memperlancar proses persalinan. Sebagian wanita hamil sering mengalami kecemasan yang berlebihan saat waktu persalinan semakin dekat. Mungkin saja anda adalah salah satu diantara mereka. Sebenarnya kecemasan yang berlebihan semacam itu tidaklah baik untuk anda dan juga bayi yang sedang anda kandung. Oleh karena itu dari pada tenggelam di dalam kecemasan, ada baiknya jika anda melakukan sesuatu yang dapat membantu persalinan anda nantinya sehingga semua bisa berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. Berikut adalah beberapa tips menjelang kelahiran yang tentu bisa anda lakukan karena tips tersebut sebenarnya tidak mempunyai tingkat kesulitan yang berarti.

  1. Persiapkan keuangan anda. Sekalipun sudah ada perkiraan hari lahiran, namun terlebih dahulu anda harus mempersiapkan budget untuk lahiran. Setidaknya pastikan anda punya dana cadangan apabila tiba-tiba anda harus melakukan operasi sesar.
  2. Baju bayi. Tips sebelum melahirkan yang harus dilakukan oleh bunda selanjutnya adalah mempersiapkan baju bayi. Sebelum lahiran bunda juga harus sudah menyiapkan beberapa baju bayi. Tak harus selalu membeli baju bayi bermerek yang mahal, karena sebenarnya yang terpenting adalah kualitasnya.
  3. Tetap berolahraga. Sekalipun mungkin pinggang rasanya sudah pegal-pegal dan tubuh enggan diajak bergerak, namun anda tak boleh hanya berdiam diatas ranjang saja. Lakukan gerakan-gerakan olahraga ringan seperti berjalan-jalan menghirup udara segar atau berputar-putar di dalam rumah. Setidaknya otot-otot tubuh kaku dan lebih lemas.
  4. Manjakan diri anda. Sebelum lahiran tiba bunda boleh menyediakan waktu terlebih dahulu untuk memanjakan diri. Misalnya haircut di salon agar penampilan lebih segar dan tidak ribet.
  5. Banyak membaca. Semakin dekat dengan hari kelahiran, semkain banyak pula info yang bunda butuhkan, terutama jika ini adalah anak pertama. Beli beberapa buku yang dibutuhkan dan konsultasikan juga dengan dokter pribadi atau sharing dengan ibu-ibu hamil lain yang lebih berpengalaman, karena tak semua informasi yang ada dibuku itu harus selalu diikuti.

Jadi begitulah beberapa tips sebelum melahirkan yang harus dilakukan oleh para bunda sebelum waktunya tiba.

author