Tips Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

Faktor keuangan seringkali memegang andil yang cukup penting dalam terbentuknya keluarga yang harmonis, tentram, dan utuh. Karena bagaimanapun juga, tidak dapat dipungkiri bahwa semua sendi kehidupan pasti membutuhkan uang. Nah oleh sebab itu, Anda dan pasangan harus pandai – pandai mengelola keuangan keluarga agar dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Namun, bagaimana caranya? Mengelola keuangan keluarga dengan baik memang tidak gampang, Anda perlu benar – benar memahami kiat – kiatnya. Dan pada kesempatan kali ini, kami telah merangkum beberapa hal sederhana yang harus Anda lakukan dalam mengelola keuangan keluarga.

uang keluarga

Tips sederhana mengelola keuangan keluarga

  • Susun rencana keuangan secara baik. Sempatkan diri Anda bersama pasangan untuk membuat rencana keuangan sederhana secara berkala, bisa setiap minggu atau setiap bulan. Susun rencana keuangan keluarga secara realistis dan jangan lupa sisakan sebagian untuk tabungan dan dana darurat.
  • Selalu dahulukan kebutuhan dari pada keinginan. Ya dalam mengelola keuangan yang baik selalu utamakan kebutuhan yang mendesak dari pada kebutuhan sekunder yang sifatnya hanya ‘ingin’. Untuk hal ini ada baiknya Anda membuat daftar prioritas kebutuhan dari yang paling urgen dan penting hingga yang hanya sebagai pelengkap saja.
  • Hindari sifat konsumtif. Hal ini erat kaitannya dengan poin kedua. Dengan menghindari gaya hidup konsumtif tentu keluarga Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menabung dan mempersiapkan kebutuhan jangka panjang.
  • Lebih baik sederhana daripada harus berhutang. Banyak keluarga disekitar kita yang rela berhutang hanya untuk mengikuti keinginan atau gaya hidup. Namun, apa sih yang didapat dari itu semua? Berhutang justru akan menambah bebean ekonomi keluarga. Maka dari itu sebisa mungkin hindari hutang, lebih baik hidup sederhana, seluruh kebutuhan pokok terpenuhi, dan tidak memiliki hutang.
  • Menabung selalu penting. Anda tentu tidak tahu apa yang akan terjadi besuk hari bukan? Untuk itu selalu siapkan tabungan untuk sekadar berjaga – jaga mana kala dikemudian hari ada kebutuhan mendadak yang harus Anda cukupi. Nah waktu inilah tabungan Anda akan terasa sangat bermanfaat. Disamping itu tabungan dapat pula Anda siapkan untuk rencana atau tujuan besar diwaktu yang akan datang.
author