Tips Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi

No comment 368 views

Stimulasi tumbuh kembang bayi adalah sebuah hal yang sudah seharusnya dilakukan karena mampu meningkatkan kecerdasan dan menumbuhkan banyak potensi dalam diri bayi. Ada beragam cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan stimulasi terhadap tumbuh kembang bayi anda, antara lain adalah sebagai berikut.

Memberikan ASI eksklusif

Pemberian ASI memang sangat wajib dilakukan dan menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang seorang bayi. Melalui pemberian ASI, maka bayi anda akan mendapatkan keistimewaan karena nutrisi yang terkandung di dalam ASI jumlahnya begitu besar. Sangat dianjurkan untuk memberikan ASI dengan periode waktu hingga 2 tahun agar pertumbuhan bayi sangat maksimal. Terutama, langsung berikan ASI ketika hari-hari pertama bayi anda lahir, karena di dalamnya terdapat kolostrum yang ampuh untuk pertumbuhan bayi hingga ia dewasa.

Ajak bayi anda bermain

Berikanlah stimulasi kepada bayi anda dalam segala hal termasuk dengan memberikan mereka beragam jenis permainan. Anda bisa memberikan aneka gambar pemandangan atau hewan agar bayi anda mampu menggali imajinasi mereka. kemudian, ajak juga mereka bercanda dengan memainkan ci luk ba, dan masih banyak lagi.

Perlakukan bayi dengan sangat lembut

Anda, secara langsung amat disarankan untuk memberikan perilaku yang lembut dan stimulasi sentuhan lembut pada tubuh bayi. Dengan cara ini, bayi akan mampu mendapatkan kepercayaan diri yang lebih tinggi dan ia merasa lebih berani untuk mengungkapkan ide-ide briliannya di masa depan.

Ajak bayi ke banyak tempat baru

Berikan suasana segar kepada bayi anda dan ajak ia ke tempat-tempat yang baru dalam beberapa periode waktu. Jangan biarkan bayi anda hanya berada di rumah dan menikmati hal-hal yang itu saja. Sebagai rekomendasi, mungkin taman yang ada di kota anda bisa menjadi rujukan tempat yang tepat untuk seorang bayi.

Ajak bayi untuk berkonsentrasi

Mendengarkan cerita, melakukan serangkaian aktivitas, dan mencoba untuk mengamati sesuatu membuat bayi mampu berkonsentrasi dengan baik nantinya. Anda diharuskan untuk membuat bayi mampu tampil hebat untuk berkonsentrasi agar ia bisa mendapatkan banyak kegunaan di masa depan nanti.

author