Tips Super Ampuh Hindarkan Si Kecil dari Gangguan Kesehatan Mata

Bagi Anda yang memiliki anak usia balita tentu Anda pernah mendapati mata si kecil merah, berair, dan bengkak. Kondisi ini merupakan sebuah indikasi babwa anak Anda tangah mengalami gangguan kesehatan mata. Bayi atau anak – anak usia balita umumnya memang memiliki mata yang masih sangat sensitif sehingga sangat rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan mata pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang sepele seperti iritasi akibat debu, trauma akibat benturan atau kucekan terlalu keras, hingga infeksi bakteri dan virus. Berbagai penyebab tersebut dapat menimbulkan dampak yang berbeda pula. Akan tetapi apaupun penyebab dan separah apa dampak yang ditimbulkan, Anda tentu tak boleh menganggap sepele masalah ini. Pasalnya mata merupakan salah satu alat indra yang memiliki fungsi vital untuk kehidupan. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda membentengi si kecil agar sedapat mungkin terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata. Namun bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anak mengalami gangguan kesehatan mata.

mencegah sakit mata

  1. Biasakan anak menggunakan barang pribadi seperti handuk dan sapu tangan. Usahakan untuk tidak menggunakan barang tersebut bersama – sama dengan orang lain. Pasalnya penyakit mata yang disebabkan oleh virus akan sangat mudah menular melalui barang – barang yang digunakan bersama untuk mengusap mata.
  2. Kenakan kaca mata pada si kecil ketika bepergian menggunakan sepeda motor. Angin dan debu yang beterbangan dijalanan merupakan salah satu bahaya yang dapat menyebabkan iritasi mata pada anak atau gangguan kesehatan lain yang lebih serius.
  3. Jangan biarkan anak mengucek matanya. Beri pemahaman pada anak dan ajarkan kepadanya untuk tidak mengucek mata. Biasakan agar ia selalu melapor kepada Anda ketika terjadi sesuatu yang tidak nyaman pada matanya seperti rasa gatal dan mengganjal.
  4. Berikan asupan vitamin A setiap hari. Vitamin A seperti yang banyak terkandung pada wortel memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan mata sehingga dapat menghindarkan si kecil dari berbagai gangguan kesehatan mata.
author