Tips Tidur yang Berkualitas pada Bayi

No comment 444 views

Bagaimana menjadikan bayi anda mendapatkan tidur yang berkualitas? Bukan perkara sulit memang namun pada saat-saat tertentu, hal itu cukup sulit untuk dilakukan. Untuk memberikan kualitas tidur yang prima, orang tua harus memberikan perhatian penuh agar jangan sampai bayi mereka mendapatkan rasa gelisah serta kemudian terbangun. Untuk menerapkan tidur yang berkualitas, orang tua dapat menerapkan beragam hal berikut ini.

Memberikan relaksasi kegiatan

Agar bayi anda mendapatkan jangkauan tidur yang lebih nyenyak, maka anda bisa menerapkan kegiatan yang lebih rileks sebelum tidur. Ini untuk mencegah bayi terlalu lelah sehingga rewel saat tidur. Buatlah semacam aktivitas seperti tiduran, bercengkrama tanpa terlalu aktif, dan melakukan kegiatan lain seperti menyanyikan bayi anda sebuah lagu.

Menengangkan bayi

Bayi seringkali menangis di tengah malam. Dalam konteks ini, anda bisa membimbing mereka agar mau tidur kembali dengan cara menyentuh tubuhnya dengan halus serta menenangkannya hingga tidur kembali.

Perbaiki posisi tidur

Cobalah untuk mendeteksi apa yang salah dengan posisi tidur bayi anda. seorang bayi yang berteriak atau menangis bisa saja tidak merasa nyaman dengan posisi tidur yang ia miliki. Suasana yang tidak mendukung, kamar yang terlalu panas atau dingin, nyamuk, dan popok basah bisa menjadi penyebab posisi tidurnya tidak nyaman. Temukan penyebabnya kemudian perbaiki posisi tidur bayi anda.

Bersabar

Jangan membangunkan bayi anda ketika ia berteriak atau menangis saat tidur. Bersabarlah hingga tangisan dan teriakan tersebut mereda. Bisa jadi, seorang bayi hanya bermimpi hal buruk. Kalau anda membangunkan bayi dengan mendadak, maka hal tersebut akan membuat mereka menangis lebih keras.

Berikan kelembutan

Ketika tidur, mungkin ada baiknya anda tetap berada di sebelah bayi dan tidak meninggalkannya sendirian. Mendekap bayi anda dan kemudian berada di dekatnya secara terus menerus akan membuat bayi secara naluri merasa aman dan nyaman. Mereka bisa menemukan sebuah tidur yang berkualitas serta terhindar dari beragam gangguan yang kurang nyaman.

author