Tips Untuk Merencanakan Masa Tua

No comment 536 views

Tips Untuk Merencanakan Masa Tua

1.    Masa tua adalah jangka waktu yang panjang
Bukan hal aneh bila orang hidup sampai usia 90 tahun, bahkan ada yang umurnya melebihi satu abad. Sadari kalau masa tua bisa terbentang cukup lama.

2.    Taklukkan inflasi
Generasi-generasi sebelumnya telah berjuang menabung sebanyak mungkin untuk hidup, namun semua itu hancur karena inflasi. Diskusikan dengan para penasihat atau konsultan pribadi bagaimana membangun kehidupan masa tua yang bebas dari pengaruh arus inflasi. Jangan semata-mata bersandar pada dana pensiunan lembaga atau perusahaan untuk membiayai semua kebutuhan masa tua.

3.    Terus menabung
Nikmati hidup kita saat ini, namun penting pula untuk mulai merintis “sarang” masa depan ketika kita sudah tidak bekerja lagi. Menabung adalah sesuatu yang sangat mudah bila dilakukan sedikit demi sedikit. Sebaiknya menabung dijadikan budaya pribadi.

4.    Pertahankan rumah
Kita mungkin tidak ingin membayar hipotek, atau harus mengontrak rumah saat sudah pensiun. Tanyakan diri sendiri apa yang sebaiknya dibuat agar kita tidak mempunyai beban utang banyak ketika pensiun.

5.    Teman baik
Persahabatan akan semakin penting seiring bertambahnya usia seseorang. Kadang sangat sulit mencari teman-teman baru saat seseorang sudah sangat tua. Karena itu, sebaiknya kita berusaha sungguh-sungguh mempertahankan hubungan-hubungan persahabatan yang ada.

6.    Jaga kesehatan
Sungguh mengagumkan melihat bagaimana tubuh manusia bisa berfungsi sempurna dalam rentang usia yang begitu panjang. Berusahalah menjaga kesehatan dan kebugaran, walau kita sudah tua. Investasi untuk kebugaran saat ini akan menuai hasil di kemudian hari.

7.    Bungalow di tepi pantai
Apakah kita pernah bertanya-tanya mengapa orang-orang pensiunan senang melewati masa pensiunan di tepi pantai? Sekarang tanyakan diri kita apakah kita berencana pindah ke suatu daerah tertentu saat berhenti kerja? Ada baiknya bila kita pindah ke sana jauh-jauh hari sebelum masa pensiunan tiba. Cermati pilihan-pilihan yang ada.

8.    Pikirkan mengenai anak-anak
Bila mempunyai keluarga, bagaimana pandangan keluarga terhadap rencana-rencana masa depan yang kita lakukan? Sebaiknya rencan-rencana tersebut didiskusikan dengan mereka sekarang, siapa tahu mereka mempunyai pandangan lain.

9.    Kita mungkin akan hidup sendirian
Bila kita hidup dengan seorang pasangan, biasanya salah satu di antara kita akan meninggal lebih dahulu. Diskusikan apa yang mungkin akan dilakukan dan sepakati bersama bagaimana menghadapi kenyataan tersebut bila akhirnya itu terjadi.

10.    Buat surat wasiat
Walau tidak mempunyai banyak harta kekayaan, membuat surat wasiat akan mendorong kita mendiskusikan keinginan-keinginan kita dengan seorang pengacara. Surat-surat wasiat juga menghemat waktu dan menghindari terjadinya percecokan dalam keluarga pada saat-saat sulit.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author