Trik Mengajarkan Anak Cara Bersikap Baik

No comment 627 views

Seiring dengan pertumbuhannya memasuki masa balita, biasanya anak akan menunjukkan perubahan ciri dan perilaku yang unik. Sayangnya tak semua ciri pertumbuhan yang muncul tersebut bersifat positif. Terkadang beberapa sifat atau sikap yang cenderung kurang baik pun ikut muncul bersama pertumbuhannya, seperti terkadang kurang disiplin, meningkatnya sikap egois, sedikit agresif, dan sebagainya.

Ciri pertumbuhan seperti ini memang umum dialami oleh anak balita, namun yang perlu Ibu catat dan ketahui adalah kesemua sikap dan perilaku tersebut biasanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Tentu yang paling berpengaruh adalah orang tua. Lantas bagaimana caranya agar si buah hati tak terlanjur memiliki kebiasaan tersebut?

sikap

Jika Anda memilih menggunakan cara memarahi atau bahkan melakukan kekerasan fisik terhadap anak, tentu sangat tidak dibenarkan. Pasalnya mendidik anak dengan cara – cara itu justru dapat mengganggu kejiwaan anak seperti rasa takut yang berkelanjutan dan depresi yang parah. Nah untuk it, akan lebih bijak jika Anda mendidik sikap anak dengan landasan kasih sayang dan rasa cinta.

Trik mengajari anak cara bersikap baik 

Awali dengan member contoh. Trick pertama ini tentu sudah taka sing bagi Anda, memberikan contoh tindakan nyata kepada anak merupakan cara terbaik untuk mendidik anak. Misalnya untuk melatih kedisiplinan anak Anda dapat memberinya contoh beberapa hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, meletakkan pakaian kotor pada tempatnya, melipat selimut setelah bangun tidur, makan dan mandi tepat waktu, dan sebagainya.

Sesekali berikan pujian yang manis pada anak ketika melakukan sesuatu kebaikan. Pujian yang Anda berikan kepada anak akan memotivasi si kecil untuk melanjutkan kebiasaan baiknya, karena pada usia – usia ini ia akan sangat senang ketika mendapat pujian atau bahkan hadiah. Namun yang perlu digaris bawahi jangan sampai pujian yang diberikan berlebihan dan terlalu sering. Pasalnya ketika anak terbiasa dengan pujian ia akan menjadi anak yang sedikit manja. Selain itu ketika Anda lupa tak memberikan pujian ketika ia melakukan suatu kebaikan, ia akan merasa kecewa hingga akhirnya enggan melakukan kebiasaan baik itu lagi.

author