Trik Mengajarkan Berpuasa pada Anak dengan Mudah dan Menyenangkan

Puasa sejatinya diwajibkan bagi kaum muslim yang sudah baliq, namun bukan berarti anak – anak tidak boleh melakukannya. Justru mengajarkan puasa pada anak – anak sejak dini merupakan suatu langkah tepat untuk membiasakannya dengan ibadah wajib di Bulan Ramadhan ini. Apalagi ibadah puasa dapat dikatakan cukup berat bagi mereka yang tidak terbiasa dan tidak terlatih. Untuk itu menyiapkan anak sejak dini untuk mengenaldan berlatih berpuasa adalah hal yang harus Anda lakukan.

Mengajarkan puasa kepada anak sebenarnya tidak terlalu sulit, namun harus dilakukan secara bertahap. Dalam melakukannyapun dibutuhkan beberapa trick agar mengajarkan puasa kepada anak menjadi mudah dan menyenangkan. Apa saja triknya? Yuk simak bareng – bareng!

puasa

Trik mengajarkan puasa kepada anak

Pertama, ajak si kecil untuk bangun dan ikut makan sahur. Nampak sulit memang, namun jika Anda telah bisa membiasakannya maka anak akan mudah untuk di bangunkan. Siapkan pula menu makanan favoritnya agar ia lahap makan. Pastikan seluruh nutrisi untuk tubuhnya telah terpenuhi dengan baik guna menyiapkan energi dalam tubuhnya. Selain itu buatlah suasana sahur keluarga Anda menyenangkan, misalnya sambil menonton televisi atau dengan cara lain yang dapat mengusir kantuk anak.

Kedua, ketika sedang melakukan puasa ajaklah anak untuk melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan rasa laparnya. Namun jika anak benar – benar merasa lapar jangan pernah memaksanya untuk terus berpuasa. Biarkan ia untuk makan dan kemudian ajak ia kembali melanjutkan puasa hingga magrib.

Ketiga, jangan lupa memberikan motivasi atau dorongan agar si kecil bersemangat berpuasa. Memberikan iming – iming hadiah jika anak sukses menjalankan mungkin perlu sesekali Anda lakukan, namun juga jangan terlalu sering. Hal seperti ini tentu akan membuat anak semakin bersemangat untuk berpuasa.

author