Tumbuh Kembang Anak Usia 2-3 Tahun

No comment 2875 views

Tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun merupakan suatu hal yang menyenangkan apabila diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Kita akan menemukan seorang anak mampu berceloteh dan mulai tumbuh besar seperti anak lainnya. Pada tahap ini, tentu saja segala hal mulai dari kesehatan hingga psikis anak harus dijaga dengan baik agar mereka tetap mendapatkan suatu pertumbuhan yang optimal di masa mendatang. Untuk lebih memudahkan anda dalam mengontrol tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun, kami akan memberikan beragam perkembangan mulai dari fisik hingga otak anak.

Kemampuan fisik

Pada usia ini, tubuh anak mulai tumbuh dengan lebih kuat. Ia juga semakin aktif dengan beragam gerakan yang terkadang membuat kita khawatir mengenai keselamatannya. Seorang anak bisa naik turun tangga, memanjat, naik sepeda roda tiga, melompat, serta semakin lincah untuk berlari.

Kemampuan motorik

Anak akan mendapatkan sebuah kemampuan motorik yang cukup baik seperti memegang pensil, memotong kertas, mampu menekan beragam tombol di mainannya, bisa mencopot pakaian sendiri, dan masih banyak lagi. Bahkan, seorang anak telah mampu berinteraksi secara baik dengan video game yang ada di rumahnya.

Kemampuan berbicara

Anak anda bisa mempunyai perkembangan bicara yang begitu pesat ketika menginjak usia ini. Seorang anak mampu menyebutkan beberapa kata dengan baik dan bahkan mereka bisa memperkenalkan nama lengkap dengan percaya diri kepada banyak orang. Tahap berbicara merupakan salah satu tahap yang begitu bermakna dan ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Sehingga, setiap kata yang diucapkan oleh anak merupakan hal berharga.

Perkembangan imajinasi

Imajinasi anak merupakan salah satu perkembangan yang seolah tanpa batas. Anak bisa melakukan beragam hal yang membuat kita takjub dan selalu menyenangkan bisa melihat perkembangan imajinasi mereka. anak bisa merencanakan sesuatu, membuat konstruksi dengan mainan mereka, dan ikut campur dalam pembicaraan yang kita lakukan.

Tentu saja, tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun merupakan hal yang sangat menyenangkan apabila diperhatikan. Anda juga harus peka apabila perkembangan mereka agak lain dari anak kebanyakan serta segera konsultasikan ke dokter.

author