Variasi Makanan Anak

No comment 810 views

Hmm, di jaman sekarang tidak sedikit Bunda yang bingung mikir menu apa yang cocok buat si kecil?

Seringkali anak menolak makanan atau masakan yang disajikan atau memilih-milih makanan(“Picky Eater”), apalagi jika menu yang disajikan ada sayurnya, si kecil biasanya makanan cepat saji  alias fast food yang banyak mengandung lemak.

Tetapi Bunda jangan pusing dulu ya! Bunda dapat mencoba berbagai cara untuk membuat variasi makanan anak di bawah ini:

  • Pertama, beri pengertian tentang makanan sehat seperti sayur, dan buah merupakan makanan yang penting juga bagi pertumbuhannya dan mengandung vitamin  yang bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan badannya.
  • Kedua, cari tahu makanan apa yang menjadi kegemaran si kecil dan jika Bunda sudah mengetahui, Bunda dapat menyiasati makanan kegemarannya dengan menggunakan bahan-bahan yang baik untuk perkembangan tubuhnya. Mis. Si kecil suka makanan yang cruncy seperti kerupuk/keripik, Bunda dapat membuatnya sendiri . Coba membuat keripik dari daun bayam, tempe atau buat brokoli yang digoreng seperti  fried chicken.
  • Ketiga, buat variasi pada masakan Bunda. Mis, membuat sup ayam. Bunda bisa membentuk sayuran dengan pola-pola yang menarik, dan sajikan di piring yang mempunyai gambar atau bentuk yang menarik juga.
  • Keempat, Jangan melarang sama sekali si kecil untuk mengkonsumsi  “fast food” tetapi Bunda dapat memilihkan fast food yang sehat, seperti sandwich yang ada telur, keju, tomat dan sayurnya.
  • Kelima, Gali terus kreatifitas Bunda untuk membuat variasi makanan anak sehingga si kecil semangat untuk mengkonsumsi masakan yang Bunda sajikan.
author