Visi Menuju Keluarga Sakina

No comment 1407 views

Banyak pasangan muda yang mengira bahwa keluarga sakinah bisa didapatkan dnegan mudah dan cepat, tanpa mengira bahwa banyak liku dan waktu yang cukup lama untuk mewujudkannya. Salah satu pondasi dasar untuk mewujudkannya adalah adanya rasa kebersamaan.

Inti kebersamaan dalam pernikahan adalah saling memberi serta saling menerima, untuk tidak saling menuntut. Itulah yang dikatakan sebagai komponen kebahagiaan. Maka diharapkan masing-masing individu memiliki modal itu, sehingga dapat membahagiakan pasangannya.

Perbedaan latar belakang antara suami dan istri adalah tantangan bagi sebuah keluarga untuk mengolahnya menjadi ramuan kebahagian. Tidak mungkin, suami-istri memiliki kesamaan 100%, pasti ada sisi-sisi kepribadian yang berbeda, contoh; berbeda dalam karakter, potensi, bakat, pandangan hidup dan lain-lain. Maka dari itu, pentingnya menyamakan persepsi tentang keluarga bahagia itu seperti apa. Jangan sampai pemahaman suami akan keluarga sakinah berbeda dengan pemahaman si istri. Satu memahami keluarga sakinah dengan A, satunya lagi memahaminya sebagai b. bila begitu, sampai kiamatpun mereka tidak akan bahagia.

Kesamaan persepsi sebaiknya tertuang dalam kesamaan visi dan misi keluarga. Visi tidak meski setiap tahunnya. Adakalanya dirubah sesuai kemampuan dan tujuan yang hendak diraih. Contoh, sepasang suami istri memiliki visi ditahun pertama untuk saling mencintai. Visi inilah target yang hendak diraih ditahun pertama. Kenapa memilih visi ini? Menurut sebagian orang, tahun pertama masih merupakan tahun perkenalan. Yaitu saling berusaha untuk mengetahui segala sesuatu tentang suami dan istrinya.

Visi ditahun kedua tidak harus sama dengan visi ditahun pertama. Bila di tahun pertama untuk saling mencintai, bisa jadi di tahun kedua berubah menjadi saling menguatkan. Pada umumnya tahun kedua sudah memiliki momongan. Berarti harus berbagi perhatian untuk si kecil. Begitu pula di tahun ketika, visi dapat dirubah menjadi menabung banyak hal –ilmu, harta- sesuai target yang diinginkan.

author