Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

No comment 632 views

Masa balita merupakan masa – masa penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, dimana pada masa ini anak tengah memasuki periode emas pertumbuhannya. ada banyak hal yang harus diperhatikan pada tahap ini agar anak dapat tumbuh secara maksimal menjadi individu yang sehat dan cerdas, salah satunya adalah asupan nutrisi.Nutrisi merupakan factor internal yang dibutuhkan anak melalui makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Namun pada sebagian besar anak yang tengah tumbuh aktif dan mulai mengenal dunia luarnya, Ia akan mengalami sebuah fase dimana nafsu makannya menurun sehingga ia menjadi susah makan. Masalah ini umumnya dialami oleh hampir setiap anak pada usia tersebut. Padahal makanan sangat penting untuk menunjang asupan nutrisi dalam tubuh anak. Oleh sebab itu masalah susah makan pada anak balita ini sesegera mungkin harus diatasi. Bagaimanan caranya?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang ibu untuk mengembalikan nafsu makan si kecil sehingga doyan makan, salah satunya dengan vitamin penambah nafsu makan. Untuk itu berikut kami sajikan beberapa vitamin penunjang nafsu makan anak balita:

B

  • Vitamin A

Salah satu penyebab anak susah makan adalah karena kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Oleh sebab itu sangat penting menjaga kesehatan anak selama periode emas pentumbuhannya dan salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin A nya. Yap, vitamin A bereperan dalam meningkatkan imunitas dan melindungi anak dari gangguan bakteri dan virus jahat yang masuk dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan anak. Dengan demikian secara tidak langsung vitamin A dapat mengatasi masalah kurangnya nafsu makan pada balita. Vitamin A ini banyak terkandung pada buah – buahan segar seperti pisang, wortel, apel, dan blimbing.

  • Vitamin B kompleks

Vitamin B yang sangat dibutuhkan anak untuk meningkatkan nafsu makannya antara lain vitamin B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B 5(Dekspantenol), B6 (Piridoksina), dan B12 (Sianokobalamin). Vitamin – vitamin ini berperan dalam membantu proses metabolism nutrisi seperti proten dan lemak, pembentukan sel darah merah, serta meningkatkan imun tubuh. Oleh sebab itu vitamin B kompleks ini sangat baik untuk diberikan pada anak yang susah makan. Vitamin B kompleks banyak terkandung dalam jenis makanan seperti sayuran hijau, daging, susu, dan buah – buahan segar.

author