Waktu Memandikan Bayi

No comment 2137 views

Terkadang bunda merasa bingung kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi, Namun sebenarnya memandikan bayi bisa dilakukan kapan saja tetapi mandi sebelum tidur akan memabantu relaksasi sehingga mempermudah tidur. Hindari mandi tepat sesudah atau sebelum makan, karena jika perut yang penuh tidak sengaja tertekan maka bayi bisa muntah, juga bayi sulit diajak bekerjasama jika perut kosong.

Siapkan banyak waktu untuk memandikan bayi, sehingga anda tidak perlu tergesa-gesa memandikannya, atau meninggalkan sendirian beberapa detik selagi Anda harus menyelesaikan pekerjaan lain. Tidak usah menjawab telepon selagi Anda sedang memandikan bayi. Karena menjawab telepon justru bisa mengalihkan perhatian Anda dari bayi yang sedang Anda mandikan. Hal ini sangat berbahaya.

Bunda, yang perlu diperhatikan juga tinggi permukaaan harus sedemikian rupa sehingga Anda lebih mudah bergerak dan cukup luas untuk meletakkan perlengkapan mandi yang diperlukan. Pilihlah tempat yang nyaman untuk Anda dan bayi Anda.

Namun untuk bayi yang tali pusatnya belum sembuh, bayi tidak boleh dimandikan dengan berendam dalam air namun hanya boleh dibersihkan dengan lap. Berikut langkah langkah yang bisa anda coba.

Tentukan tempat untuk memanadikan.Lapisi tempatnya dengan alas yang tahan air.

Siapkan perlengkapan berikut

Sabun dan shampo bayi
lap basah
Gumpalan kapas steril untuk membersihkan mata
Handuk
Popok dan pakaian bersih
Kapas dan alkohol untuk tali pusat
Air hangat

Siapkan bayi
Mulailah membasuh
Diawali pada bagian tubuh yang terbersih ke arah bagian yang terkotor, sehingga lap pembasuh dan air yang anda gunakan tetap bersih. Sabuni dg tangan atau lap pembasuh, tetapi gunakan lap bersih untuk membasuhnya. Urutanya sebagai berikut :

kepala : Satu ato dua kali seminggu gunakan shampo.
wajah : Pertama2 gunakan kapas steril yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan mata bayi, basuhlah dengan perlahan dari arah hidung ke arah luar.Gunakan kapas bersih untuk setiap mata. Untuk wajah ini jangan gunakan sabun. Basuhlah bagian luar telinga, tetapi tidak bagian dalamnya.
Lalu keringkan semua bagian wajah.
Leher dan dada : Tidak diperlukan sabun kecuali bayi keringatan atau kotor
Lengan : Rentangkan lengan agar bagian lipatan bisa dibersihkan, dan tekan telapak tangan agar kepalan telapak tanagan membuka. Bagian tangan memerlukan sedikit sabun, dan pastika anda membasuh bekas sabun dg bersih.
Punggung : Balikan ato miringkan bayi dg kepala dimiringkan dan basuh bagian punggng, pastikan anda membasuh bagian lipatan leher.
Tungkai : Rentangkan tungkai agar bagian belakang lutut dapat dibersihkan. Meskipun biasanya bayi akan menolak jika kakinya direntangkan lalu keringkan
Area Popok : pada bayi perempuan, basuhlah kemaluan dari arah depan ke belakang, buka bagian labia dan bersihkan dengan sabun dan air. Setiap kali membasuh gunakan bagian lain dari lap. Adanya pengeluaran dari kemalian gerwarna putih adalah normal, jangan menggosoknya
Pasang dan pakaikan baju.

Sumber: id.shvoong.com

author