Waktu Yang Tepat Jalani Operasi Caesar

No comment 1858 views

Trend yang semakin mengarah kepada persalinan secara section caesaria atau lebih dikenal dengan sebutan operasi Caesar membuat para ibu hamil lebih menyukainya. Alasannya, menghindarkan dari rasa sakit saat persalinan. Tentu, satu kenyataan yang pada dasarnya salah karena rasa itu tetap ada meski memilih dengan cara tersebut. Selain itu, kebebasan dalam memilih waktu untuk melakukan persalinan juga menjadi nilai lebih.

Persoalannya adalah kondisi kapan atau waktu yang tepat seorang ibu hamil harus menjalani operasi Caesar. Secara kesehatan, operasi ini dilakukan sebaiknya saat indikasi medis mengatakan bahwa keselamatan ibu dan bayi terancam. Biasanya, tindakan ini dilakukan saat menjelang proses kelahiran dimana indikasi tersebut terjadi karena bayi berada pada posisi sungsang, minimnya cairan ketuban yang tersisa, posisi janin menghambat jalannya lahir, pre-eklamsia menjelang kelahiran hingga panggul yang sempit dengan bobot bayi yang terlalu besar.

Operasi Caesar dan Kelemahannya

operasi caesarSeperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tidak sedikit yang memilih cara ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan, namun ada juga terselip ketidaknyamanan meski sudah melalui operasi sesuai dengan standar operasional. Kelemahan apa saja yang didapat saat melakukan operasi Caesar? Berikut ini diantaranya :

Mengalami Rasa Nyeri Hebat

Di awal pasca persalinan, akan muncul rasa nyeri hebat dikarenakan proses operasi. Meski tingkat rasa nyeri ini berbeda-beda pada setiap ibu, namun dapat dipastikan akan terasa lebih perih dibandingkan dengan lahir normal.

Membutuhkan Pemulihan Yang Cukup Lama

Adapun proses pemulihan biasanya cenderung lebih lama dibandingkan dengan mereka yang melahirkan secara normal. Umumnya, seorang ibu setelah melahirkan dengan cara biasa dapat kembali ke rumah hanya dalam kurun waktu kurang lebih 2 atau 3 hari. Namun, tidak berlaku bagi mereka yang melakukan operasi.

Menimbulkan Trauma Operasi

Dipastikan, seorang ibu hamil akan merasa trauma dengan aroma obat-obatan hingga proses itu sendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin terjadi resiko pendarahan dua kali lebih besar ditimbang persalinan normal.

Satu hal yang tidak bisa diabaikan adalah biaya operasi yang cukup mahal. Jadi, lebih memilih mana operasi Caesar atau normal?

author