Waspadai 3 Pemicu Utama Perceraian Rumah Tangga

Dalam membangun sebuah rumah tangga yang menjadi harapan dan tujuan utama tentu adalah kebahagiaan dan ketentraman hidup bersama. Namun sering kali apa yang menjadi tujuan ini urung tercapai karena banyaknya halangan dan rintangan yang menghadang. Terlebih bagi mereka yang membangun rumah tangga dengan pondasi yang tidak kokoh.

Dan salah satu momok utama dalam membangun rumah tangga tentu adalah kegagalan yang seringkali terwujud dengan perceraian. Ya tidak sedikit mereka yang telah bertahun – tahun membangun rumah tangga, harus rela berakhir dengan perceraian.

Sebenarnya apa sih penyebab utama perceraian? Nah pada kesempatan kali ini kami akan menguak tuntas berbagai hal utama yang dapat menyebabkan perceraian. Berikut selengkapnya.

bertengkar

Penyebab utama perceraian rumah tangga

  1. Perselingkuhan

Tidak dapat dipungkiri masalah utama yang memicu terjadinya perceraian adalah perselingkuhan. Adanya ketidak puasan terhadap pasangan baik dari segi jasmani maupun rohani menjadi penyebab perselingkuhan ini terjadi. Terlebih bagi mereka yang tidak memiliki komitmen spiritual atau iman yang kuat.

  1. Masalah ekonomi

Bagaimananpun juga masalah ekonomi selalu memiliki andil yang besar dalam membangun rumah tangga. Bisa dibayangkan ketika ekonomi sebuah keluarga kacau balau apa yang akan terjadi. Bagi mereka yang tidak memiliki landasan cinta yang kuat tentu percekcokan dan perselisihan bisa sangat mungkin terjadi di dalam rumah tangga tersebut. Alhasil bisa ditebak, perpecahan adalah ujung dari semua masalah itu.

  1. Kasus KDRT

KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagai mereka yang tidak memeliki managemen emosi yang baik. Banyaknya permasalah yang datang silih berganti menebabkan seseorang mengalami tingkat emosi yang tinggi. Alhasil ketika mereka mendapati kesalahan yang dilakukan oleh pasangannya, bisa jadi hal ini menjadi ajang pelampiasaan emosi yang tengah memuncak tersebut. Dan sebagian besar kasusu perceraian di Indonesia dipicu oleh masalah ini.

author