Waspadai Amblyopia Pada Anak

No comment 716 views

Kesehatan anak memang harus selalu diperhatikan guna mencegah sesuatu hal yang nantinya akan membuat masa depannya terganggu. Salah satunya adalah penglihatan yang merupakan jendela dunia bagi anak untuk melihat segalanya. Beragam jenis penyakit mata kerap menghantui untuk timbul pada anak dan salah satunya amblyopia atau kerap disebut mata malas.

Memang, orang tua hanya berpegang pada penyakit mata seperti mata minus atau juling saja. Namun, amblyopia pada anak kerap terjadi dan sayangnya, masih sering diabaikan oleh orang tua karena memang penyakit yang satu ini tidak memberikan petunjuk yang cukup jelas.

amblyopia pada anakAdapun mata malas itu sendiri terjadi di masa pertumbuhan anak dimana kualitas dalam melihat antara mata kanan dan kiri tidak seimbang. Umumnya, kondisi yang terjadi adalah satu mata akan lebih lemah dibandingkan dengan mata satunya lagi atau istilah lainnya adalah distorsi. Jika tidak ditangani dengan segera, maka otak secara perlahan akan terbiasa untuk mengabaikan gambar yang dikirim oleh mata yang lemah tadi.

Yang pada akhirnya, hanya mata yang kuat saja yang akan diterima sinyal dan mata yang lemah tidak akan belajar untuk melihat. Perlu diketahui bahwa kondisi ini terus berkembang sebelum anak berusia kurang lebih 6 tahun.

Amblyopia Pada Anak dan Penyebabnya

Secara medis, gejala yang ditunjukkan memang tidak jelas terlihat sehingga orang tua kerap mengabaikannya. Namun, beberapa fakta membuktikan bahwa penyebab amblyopia pada anak sangat berkaitan dengan mata juling, rabun jauh atau rabun dekat. Namun, yang lebih parahnya lagi adalah terjadi katarak kongenital, bekas luka di kornea dan gangguan di kelopak mata.

Itu sebabnya, penanganan secara dini sangat dibutuhkan agar kondisi dapat diperbaiki dan kemungkinan untuk sembuh besar. Sebaliknya, jika di usia dewasa gejala ini baru diketahui, tentu akan sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan menunjukkan hasil yang tidak memungkinkan untuk sembuh.

Berdiskusi dengan dokter mata adalah langkah yang tepat guna menghasilkan penglihatan jelas di kedua matanya. Biasanya, pengobatan yang dilakukan dalam bentuk kombinasi antara terapi penglihatan dan resep lensa sehingga ambylopia pada anak bisa disembuhkan.

author