Waspadai Berbagai Penyakit Kulit Pada Anak

No comment 916 views

Dunia anak adalah bermain yang pastinya selalu berhubungan dengan berbagai peralatan yang mereka gunakan entah saat di luar atau di dalam ruangan. Sementara, secara medis kulit anak sangat sensitif dan mudah memberikan reaksi berupa gatal-gatal atau kulit menjadi bintik kemerahan. Itu sebabnya para orang tua harus memahami kondisi tersebut agar diketahui metode penanganannya.

Saat ini, banyak sekali dijual secara bebas obat untuk mengatasi penyakit kulit pada anak mulai dari sabun, shampoo, sabun hingga minyak. Meskipun demikian, bukan berarti persoalan selesai dan kulit si kecil dapat pulih kembali jika tidak diketahui apa yang menjadi penyebabnya.

Penyakit Kulit Pada Anak Yang Sering Dialami

penyakit kulit pada anakPerlu dipahami tentang jenis penyakit kulit yang sering dialami agar tindakan pengobatannya dapat dilakukan dan hasil yang diharapkan pun maksimal. Berikut ini penyakit kulit yang sering menghampiri kulit si kecil seperti :

Kurap : Satu kondisi dimana kulit mengalami infeksi dikarenakan jamur yang hidup di dalam kulit mati, jaringan kuku dan rambut. Gejala awalnya adalah kulit menjadi kemerahan kemudian lama-lama terkelupas serta mudah melepuh dan gatal.

Eksim : Umumnya muncul pada anak usia dini dan menghilang secara perlahan hingga usia sekitar 6 tahun. Biasanya, penyakit kulit terjadi saat kekebalan tubuh si kecil masih rentan sehingga memberikan reaksi.

Biang Keringat : Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya saluran keringat dan sering dialami oleh anak-anak yang memang suka berkeringat secara berlebihan. Adapun gejalanya terdapat bintik-bintik seperti jerawat pada bahu, lengan dan kepala. Pakaian yang dikenakan tidak menyerap keringat dengan baik pun memberikan kontribusi yang besar akan penyakit ini.

Yang Harus Dilakukan

Sudah pasti orang tua akan resah dan bingung tatkala si kecil harus sakit meski ada gangguan pada kulitnya. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan untuk mengatasinya dengan cara memastikan kulit anak dalam keadaan lembab. Hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak khusus untuk bayi yang aman digunakan. Namun, pastikan terlebih dahulu jenis penyakit kulit pada anak yang dialami agar cara pengobatannya pun menjadi lebih mudah dan maksimal.

author