Waspadai Bully di sekolah

No comment 1903 views

Ketika anak-anak mulai memasuki bangku sekolah, maka pengawasan orang tua tidak lepas begitu saja. Pengawasan ini penting karena anak masih dalam perkembangan dan pertumbuhan. Hal-hal buruk yang terjadi di masa ini, kemungkinan besar akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya pada tehap selanjutnya.

Salah satu yang juga perlu diwaspadai adalah maraknya bullying di sekolah. Saling membuli antar anak kini sedang trend. Anak-anak yang nakal dan populer akan memenangkannya adan menjadi penguasa. Anak-anak lain yang menjadi korban akan mengalami gangguan secara psikologis, bahkan membuat anak menjadi pribadi yang minder dan penakut.

cara menegur

Faktanya, bulliying bukan saja terjadi di sekolah-sekolah yang “menengah ke bawah”. Justru di sekolah-sekolah “elite” arus bulliying semakin kuat. Biasanya mereka mempermasa;ahkan kekayaan, dan sebagainya.

Hal-hal yang dapat orang tua lakukan untuk megantisipasi bullying adalah dengan selalu memperhatikan dan meminta anak untuk kenceritakan kejadian- kejadian yang ia alami di sekolah. Ajarkanlah anak untuk selalu terbuka dan tidak takut dengan ancaman-ancaman. Ajaklah anak untuk selalu mengobrol dan dekat dengan orang tua.

Bulliying si kalangan anak sekoalah bukan lagi hal yang tidak mungkin. Oleh karena itu, agar bulliying ini tidak mengganggu psikologis anak, maka orang tua harus terus mengontrolnya. Jika memang benar anak mengakui adanya bulliying terhadap dirinya, orang tua dapat segera melapor kepada pihak sekolah, agar masalah ini tidak berlarut-larut dan korban tidak bertambah.

author