Waspadai Efek Samping Obat Inhaler pada Anak Penderita Asma

Berbicara masalah kesehatan yang kerap terjadi pada anak tentu kita tidak bisa lepas dari masalah kesehatan pernafasan atau ISPA. Pasalnya keadaan udara di Indonesia khususnya dikota besar memang tak lagi bersih. Banyaknya kendaraan bermotor dan pabrik menjadi penyebab utama meningkatnya polusi udara. Terlebih ketika musim kemarau tiba, masyarakat harus siap dengan udara kotor yang bercampur debu. Nah berawal dari udara yang tidak bersih inilah berbagai masalah gangguan kesehatan pernafasan bermunculan. Salah satunya adalah asma.

asma inhalar

Asma kerap menjadi masalah yang serius yang dapat menyebabkan anak menderita. Asma sendiri umumnya disertai dengan gejala seperti batuk, nafas berdesir, dan sesak nafas. Beberapa gejala ini tentu menyebabkan anak merasa tidak nyaman sehingga kerap rewel. Untuk itu masalah asma pada anak tak boleh dibiarkan berlarut – larut. Bersegera untuk mengatasinya merupakan keputusan bijak yang harus Anda ambil.

Namun dalam melakukan upaya penyembuhan asma anak ini, tentu Anda tidak boleh sebarangan dalam melangkah. Umumnya kebanyakan ibu akan segera memberikan obat inhalasi agar masalah sesak nafasnya segera mereda. Cara ini memang terbukti ampuh dan instan, namun bukan berarti tanpa efek samping. Pemberian obat inhalasi kimia dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti: hipertensi, gangguan fungsi hati dan ginjal, muka tembem, hipersurtisme, dan osteoporosis dini.

Oleh sebab itu sangat disarankan, untuk terlebih dulu mengutamakan penggunaan obat – obatan tradisional dalam mengatasi asma anak. Misalnya dengan membuat minuman hangat dari ekstrak jahe, kunyit, sambilito, dan jenis tanaman lainya yang dapat mengobati penyakit asma.

author