Waspadai Gejala Penyakit Typus pada Anak

No comment 578 views

Anak – anak sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit, terutama jenis penyakit menular. Belum sempurnanya sistem imun anak serta belum pahamnya ia tentang pentingnya menjaga kesehatan menjadi alasan terkuat mengapa hal ini bisa terjadi.

Berbicara mengenai penyakit pada anak, salah satu yang mungkin sering menimpa anak adalah penyakit typus. Yap penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella thypiini memang sangat mudah menjangkit anak melalui makanan dan air yang telah terkontaminasi.

Bakteri yang masuk dalam tubuh melalui makanan dan air yang positif tercemar ini, sebenarnya akan halau dan bunuh oleh asam lambung. Namun jika kadar bakteri banyak, tidak menutup kemungkinan akan ada bakteri yang tetap hidup dan kemudian masuk ke sistem organ dalam seperti usus, jaringan limpa, dan hati. Pada organ ini kemudian bakteri berkembang dan mengeluarkan toxin atau racun yang menyerang tubuh anak.

ank demam

Gejala penyakit typus pada anak

  • Terjadinya demam disertai rasa menggigil pada sore dan malam hari yang tak kunjung reda.
  • Lidah terasa pahit dan mengalami ketidaknormalan. Pada bagian pinggir lidah berwarna merah, sedangkan ditengahnya berwarna putih.
  • Timbulnya rasa mual yang tidak jarang diikuti muntah – muntah.
  • Tubuh anak menjadi lemas dan lesu serta di ikuti rasa pusing yang cukup hebat.
  • Pada kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan anak pingsan atau tak sadarkan diri.

Demikian beberapa gejala penyakit typus pada anak yang umum terjadi. Jika si kecil mengalami gejala seperti di atas, ada baiknya jika anda bersegera membawanya ke dokter guna mendapatkan penanganan dini yang tepat.

author