Waspadai Radang Paru pada Bayi Usia 3 Bulan

No comment 869 views

Radang paru – paru atau yang dalam istilah medis dikenal dengan pneunomia adalah jenis gangguan sistem pernafasan yang kerap menyerang bayi usia 3 bulan. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang “mengerikan”, karena merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada bayi dan balita di dunia.

Radang paru – paru terjadi karena adanya infeksi akut pada alveolus dan bebrapa jaringan parenkim paru – paru yang umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Infeksi ini sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja, baik bayi yang baru lahir maupun orang dewasa sekalipun. Namun kebanyakan kasus kematian akibat penyakit ini dialami oleh bayi yang baru lahir hingga usia 1 tahun. Sistem kekebalan tubuh yang masih belum sempurna ditambah dengan penanganan yang terlambat umumnya menjadi pemicu utama. Untuk itu penanganan sedini dan secepat mungkin menjadi harga mati dalam menyelamatkan nyawa is kecil.

radang paru

Radang paru – paru pada bayi usia 3 bulan umumnya ditandai dengan adanya gejala ispa yang tak kunjung reda dan bahkan cenderung semakin memburuk setiap harinya. Misalnya batuk, sesak nafas, frekuensi nafas yang tidak normal, retraksi, dan demam tinggi. Gejala – gejala ini harus benar – benar diperhatikan oleh orang tua dan tak boleh dianggap remeh.

Jika anda menemui gejala radang paru diatas pada bayi anda, langkah paling tepat untuk dilakukan adalah bersegera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penanganan pada tahap awal tentu akan lebih mudah dilakukan dan keterlambatan penanganan dapat berakibat fatal pada penderita.

Namun mengusahakan agar si kecil tak terserang penyakit ini tentu adalah tindakan paling bijak yang dapat dilakuka orang tua. Untuk menjauhkan bayi usia 3 bulan dari pneumonia biasakan pola hidup bersih dan sehat, serta jauhkan si kecil dari debu, asap rokok, dan interaksi dengan orang flu. Demikian sekelumit tentang radang paru pada anak usia 3 bulan, selalu perhatikan kesehatan dan perkembangan si kecil agar terhindar dari segala jenis gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.

author