Waspadalah! 68.000 Racun Rokok Mengintai Janin Anda

Ahli kesehatan manapun pasti akan langsung sepakat jika disebut rokok tidak sehat dan merupakan sumber penyakit. Ya pendapat ini memang sangat beralasan, jika diteliti lebih lanjut mengenai rokok tembakau, ada sekitar 68.000 racun yang siap mengancam jiwa perokok. Sayangnya tidak hanya perokok aktif, namun juga perokok pasif dan janin dalam kandungan ibu yang merokok.

Janin pun bisa terkena dampak rokok? Ya! Janin bisa menjadi salah satu pihak yang harus menerima resiko berat racun dari rokok meskipun ia sendiri tidak menikmatinya. Ketika seorang ibu yang tengah mhamil menghisal sebatang rokok saja, tanpa disadari ia telah memasukkan segerombolan racun atau zat kimia berbahaya ke dalam tubuhnya yang dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungannya.

rokok

Bahaya Zat Kimia Dalam Rokok bagi Janin

Zat – zat kimia berbahaya ini selanjutnya akan dialirkan bersama darah menuju seluruh tubuh termasuk ke daerah plasenta yang merupakan sumber kehidupan bayi. Meskipun plasenta memiliki kemampuan untuk menyempit ketika merespon adanya zat asing, namun tidak seluruh zat kimia berbahaya dari rokok dapat tertahan. Diantaranya adalah karbon monoksida, sianida, dan nikotin. Sianida akan mengurangi kemampuan bayi dalam menangkap dan menyerap vitamin b12 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel protein dan membentuk sel darah merah. Kemudian nikotin yang juga bisa menyusup ke plasenta bayi dapat menyebabkan gangguan psikis pada ibu dan janinnya. Nikotin akan menyebabkan peningkatan denyut jantung dan mempersempit aliran darah, sehingga tekanan darah pun akan meningkat.

Nah itu tadi beberapa bahaya rokok bagi ibu hamil dan janinnya. Selain itu tentu masih ada banyak lagi bahaya yang lain. Untuk itu selalu jaga kesehatan diri dan janin Anda dengan menjauhi kebiasaan merokok.

author