Yuk Ajarkan Anak Gemar Membaca Sejak Dini

No comment 391 views

Mengajarkan anak untuk membaca sejatinya dapat anda lakukan kapan saja semau anda. Namun umumnya ibu akan mengajarkan si kecil membaca ketika telah memasuki usia TK. Yap benar saja, usia tk memang waktu yang tepat untuk mengajarkan anak membaca atau bahkan membuatnya gemar membaca.

Mengajarkan anak gemar membaca sebenarnya bukan perkara mudah. Namun tidak terlalu sulit pula jika anda mengetahui tips dan tricknya. Memang anak – anak di usia ini masih belum paham apa manfaat dan pentingnya membaca, namun jika anda membiasakannya sejak dini tidak menutup kemungkinan justru anak akan terus ketagihan membaca.

anak membaca

Tips ajarkan anak gemar membaca

  1. Sering – seringlah membacakan berbagai buku kepada anak. Mulai dari buku dongeng atau cerita yang menghibur hingga buku – buku informatif yang dapat menambah pengetahuan anak.
  2. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak. Mana kala anda menemukan kata atau kalimat yang menurut anda akan sulit dicerna anak, gantilah dengan bahasa anda sendiri yang lebih familiar baginya.
  3. Lakukan kontak mata sesekali ketika membacakan buku. Hal ini akan membuat anda semakin dekat dengan anak, selain itu kontak mata juga akan menambah rasa semangat anak untuk membaca.
  4. Ciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Anaka – anak menyukai suasana yang gembira, untuk bacakan buku dengan nuansa ceria. Dengan demikian akan meningkatkan antusias anak dalam mendengarkan.

Nah beberapa hal diatas dapat anda lakaukan untuk merangsang anak agar gemar membaca. Selamat mencoba.

author