Yuk Didik Si Kecil Disiplin

No comment 683 views

Mengajarkan anak balita memiliki sikap disiplin hendaknya memang harus diajarkan sejak dini. Yap dengan demikian kelak ketika dewasa ia sudah akan terbiasa dan secara otomatis memiliki kedipsilinan yang tinggi dalam hidupnya.

Namun dalam melatih anak hidup disiplin tentu membutuhkan kesabaran, perlu waktu yang bertahap hingga akhirnya si kecil benar – benar menjadi pribadi yang disiplin. Selain kesabaran, Anda pun tentunya membutuhkan beberapa tips untuk melakukannya.

disiplin1

Tips melatih anak disiplin

  • Jadilah teladan. Dalam mengajarkan hidup disipin pada anak, hal terbaik yang dapat Anda lakaukan adalah dengan menjadi seorang teladan atau panutan. Hal ini akan sangat efektif, karena anak pada usia balita masih memiliki jiwa imitasi atau meniru yang baik.
  • Terapkan aturan yang jelas. Beberapa aturan mungkin sangat Anda butuhkan untuk mengajarkan disiplin kepada anak. Bukan bermaksud membatiasi kreasi dan eksplorasi anak, namun lebih untuk membimbingnya agar tidak menyalahi aturan atau norma.
  • Gunakan konsekuensi. Konsekuensi selama ini identik dengan hukuman ketika seorang anak melakukan sebuah kesalahan. Memberikan hukuman kepada anak memang memiliki sisi positif dan negatif, namun tidak ada salahnya jika Anda memberlakukan ini sesekali. Yang perlu Anda catat adalah bahwa hukuman tidak selalu sesuatu yang negatif, berikan hukuman yang dapat membuat anak jera melakukan kesalahan namun tidak memiliki efek psikologis bagi perkembangannya.
author