Yuk Intip Manfaat Tahap Merangkak bagi Perkembangan Bayi

Merangkak merupakan salah satu tahap pertumbuhan yang mengawali aktivitas bayi bergerak bebas kesana kemari. Namun, tidak hanya sebatas itu saja, ternyata merangkak memiliki banyak manfaat hlo Bunda. Merangkak penting untuk mendukung perkembangan lainnya, mulai dari perkembangan fisik hingga kemampuan otak bayi.

Penasaran apa saja manfaat merangkak bagi perkembangan si kecil? Yuk simak sama – sama.

merangkak

Manfaat Merangkak bagi Bayi

  • Melatih dan menguatkan otot – otot tubuh bayi, terutama otot pada bagian leher, punggung, tangan, kaki, dan berbagai persendian.
  • Melatih bayi mengkoordinasikan dengan baik kemampuan motorik halus dan kasarnya.
  • Melatih bayi untuk melakukan koordinasi dan kombinasi aktivitas, seperti melihat, bergerak, menjaga keseimbangan serta melatih kekuatan otot.
  • Melatih kemampuan otak kanan dan kiri bayi. Gerakan – gerakan menyilang yang dilakukan bayi ketika merangkak dapat merangsang belahan otak kanan dan kiri terintegrasi secara kuat.
  • Meningkatkan jumlah myelin di otak. Myelin merupakan semacam zat yang melapisi sel – sel saraf yang berfungsi untuk membantu otak mengirim dan menerima pesan. Dengan demikian bayi akan memiliki kemampuan sensorik dan motorik yang baik.

Nah itu tadi beberapa manfaat merangkak bagi perkembangan bayi Anda. Terus latih ia agar mampu merangkak lebih baik dan lebih cepat, karena merangkak merupakan dasar baginya untuk melatih keseimbangan tubuh yang nantinya akan berguna ketika ia mulai berlatih berjalan.

author