Yuk Intip Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Anda suka acara komedi? atau Anda mudah tertawa karena suatu hal yang sedikit lucu? Bersyukurlah, karena tertawa ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Meskipun terlihat sesuatu yang hanya sekadar hura – hura dan sering dianggap sebelah mata, tertawa baik untuk kesehatan Anda dan dapat membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit. Lantas, apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan?

tertawa

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan dari Loma Linda University, California, Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam “Humor and Health Journal” pada tahun edisi 2009 lalu, menyebutkan bahwa tertawa ternyata memiliki dampak positif terhadap sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Dengan demikian tertawa dapat mencegah seseorang terserang berbagai penyakit. Dan berikut hasil studi yang dilakukan tersebut mengenai manfaat tertawa bagi kesehatan:

  • Tertawa dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sel – sel imun yang bertugas untuk menghalau dan membasmi virus yang masuk ke dalam tubuh seseorang.
  • Tertawa dapat meningkatkan jumlah antibodi (imunoglobin A) yang berfungsi untuk memerangi infeksi pada saluran pernafasan atas.
  • Tertawa dapat meningkatkan aktivitas diafragma, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses oksigen.

Nah itu tadi beberapa manfaat tersembunyi dibalik sebuah tawa. Mulai sekarang jangan sungkan untuk mengekspresikan tawa Anda, karena tertawa bisa menyehatkan Anda. Semoga bermanfaat.

author