Yuk Kenal Fakta – Fakta Seputar Telinga Bayi

No comment 439 views

Sebagaimana organ – organ bayi lainnya, telinga juga belum tumbuh secara maksimal. Telinga bayi masih akan terus berkembang menuju kesempurnaan seiring bertambahan usia.

Telinga bayi yang masih belum sempurna masih akan sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan. Untuk itu ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dalam merawat telinga bayi. Apa saja?

telinga

Beberapa fakta seputar telinga bayi

  • Telinga bayi paling peka terhadap udara dingin

Udara dingin, baik dari cuaca berangin maupun dari ac dalam ruangan akan sangat mengganggu bayi, terutama yang baru lahir. Udara dingin ini akan dengan sangat mudah menghilangkan panas tubuh bayi malalui organ telinga. Untuk itu penting bagi anda melindungi telinga bayi ketika keluar rumah dan saat berada di dalam ruangan ber-ac. Gunakan penutup kepala yang sekaligus dapat melindungi telinga bayi.

  • Telinga bayi rentan terhadap infeksi saluran pernafasan

Pada bagian dalam telinga terdapat saluran eustachius yang menghubungkan antara rongga telinga dengan rongga hidung. Berbeda dengan orang dewasa, pada bayi saluran ini masih sangat pendek dan peka sehingga sangat rentan terkena infeksi saluran pernafasan dari rongga hidung. Infeksi ini kemudian akan menyebabkan peradangan pada saluran eustachius atau genderang telinga, sehingga akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian dalam telinga bayi.

  • Telinga bayi butuh rangsangan yang aman

Guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan secara maksimal, telinga bayi membutuhkan rangsangan suara yang baik dan aman. Beberapa rangsangan suara yang berasal dari bunyi mainan khusus bayi dan musik lembut dapat menjdai perangsang yang baik.

author