Yuk Kenal Metode Menidurkan Bayi yang Bisa Anda Pilih

Setiap aspek dalam kehidupan bayi memiliki keunikan tersendiri yang akan sangat menarik untuk dibahas. Setelah beberapa waktu lalu kami telah membahas mengenai macam gaya menyusu bayi, kini kami akan membahas mengenai beragam metode menidurkan bayi.

Ya sebagai seorang ibu, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengenal dan mengetahui apa saja metode yang dapat dilakukan untuk menidurkan bayi. Dengan demikian Anda bisa memilih mana yang terbaik yang dapat Anda terapkan untuk si kecil Anda. Dengan demikian ia akan lebih mudah tidur dan tertidur dengan lebih lelap. Lantas apa saja macam metode menidurkan bayi?

metode menidurkan bayi

Macam metode menidurkan bayi

  1. Metode no cry

Metode pertama ini menitikberatkan pada aspek kedekatan Anda dengan si mungil. Metode ini dapat dilakukan dengan terlebih dulu membuat jadwal rutin tidur bayi serta memahami gejala ketika bayi mengantuk. Setelah itu secara rutin ketika telah memasuki waktu tidur, Anda dapat menggendong atau menyusuinya hingga tertidur sebelum bayi rewel dan menangis. Dimalam hari pun ketika bayi nampak gelisah dalam tidurnya Anda dapat segera menepuk – nepuknya agar kembali tenang. Metode ini membutuhkan kesiapan Anda untuk selalu mendampingi si kecil selama tidurnya.

  1. Metode long good bye

Berbeda dengan metode sebelumnya pada metode ini Anda dapat meletakkan bayi Anda pada tempat tidurnya sendiri ketika mengantuk. Kemudian Anda menepuk – nepuknya hingga tidur. Jika pada metode pertama sebisa mungkin bayi jangan sampai menangis, untuk metode kedua ini justru Anda disarankan untuk tidak terburu – buru menanggapi tangisan bayi, barulah ketika tangis mulai menjadi angkat sibayi dan tenangkan dalam pelukan Anda. Melakukan pembiasaan dengan metode ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki rutinitas atau kesibukan cukup tinggi.

  1. Metode self soothing

Untuk metode yang ketiga ini lebih menekannkan pada penjadwalan waktu tidur serta kemampuan verbal untuk menenangkan dan membuat bayi tidur. Untuk melakukan metode ini ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda mempercepat tidur bayi, diantaranya adalah lampu yang sedikit redup, cerita dongeng yang Anda sampaikan untuk membuat si kecil tenang, hingga beberapa lagu yang dapat menjadi penghantar tidurnya.

author